//

GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA DAN DUKUNGAN INFORMASI PADA LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JEULINGKE BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wirza Zulfajri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pelaksanaan posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) lansia di wilayah kerja puskesmas Jeulingke dilaksanakan pada minggu kedua setiap bulannya yang diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan. Di wilayah kerja Puskesmas Jeulingke ada 1992 lansia, namun yang mengunjungi Posyandu hanya 65 lansia dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Rendahnya kunjungan lansia mengunjungi posyandu dapat dipengaruhi oleh dukungan keluarga dan dukungan informasi yang kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dukungan keluarga dan informasi pada lansia dalam mengikuti posyandu lansia di wilayah kerja puskesmas Jeulingke Banda Aceh. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 2 Juni sampai 12 Juni. Jenis penelitian ini adalah Descriptive dengan jumlah populasi sebanyak 1992 lansia. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Proposional Sampling, sebanyak 65 responden yang memenuhi kriteria responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terpimpin melalui beberapa pernyataan dalam kuesioner dalam bentuk Dichotomous Choice yang terdiri dari 11 item pernyataan. Analisa data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian didapatkan dukungan keluarga kurang yaitu 39 responden (60%) dan dukungan informasi kurang yaitu 43 responden (66,2%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa gambaran dukungan keluarga dan informasi pada lansia dalam mengikuti posyandu lansia di wilayah kerja puskesmas Jeulingke berada pada katagori kurang. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak Dinas Kesehatan maupun Puskesmas setempat lebih andil dalam menyebarluaskan akan pentingnya mengikuti Posyandu lansia yang dilakukan dalam bentuk penyuluhan agar dapat meningkatkan pengetahuan lansia dan meningkatkan angka partisipasi lansia dalam mengikuti posyandu lansia. Kata Kunci : Dukungan Keluarga, Dukungan Informasi, Posyandu Lansia Daftar Bacaan : 42 Sumber Rujukan (1998-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN KEMANDIRIAN LANSIA DALAM PEMENUHAN ACTIVITY OF DAILY LIVING (ADL) DENGAN MENGGUNAKAN KATZ INDEKS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JEULINGKE KOTA BANDA ACEH (RIZQA AMALIA, 2019)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMENUHAN NUTRISI PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (EKA MAULIDIA, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA LANSIA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ACEH BESAR (SITI IFROHATIS, 2019)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP SINDROM DEPRESI PADA LANJUT USIA DI RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (SRI TURSINA, 2014)

GAMBARAN DEPRESI PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (tetry larasati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy