//

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS TIMUS AYAM BROILER SETELAH DIVAKSIN DENGAN VAKSIN AVIAN INFLUENZA (AI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NELLY KARTIKA HSB - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh vaksin avian influenza (AI) terhadap gambaran mikroskopis timus ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 18 ekor ayam broiler berumur 7 hari yang dipelihara selama 28 hari dan dibagi menjadi dua kelompok (kontrol dan perlakuan) dengan tiga kali pengulangan. Ayam kelompok kontrol (KN) diinjeksi akuabidest secara subkutan sedangkan ayam kelompok perlakuan (KP) divaksin dengan vaksin AI sebanyak 0,3 ml/ekor secara subkutan. Pada hari ke- 14, 21 dan 28 ayam dinekropsi untuk diambil timus guna pemeriksaan histopatologis. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil pengamatan menunjukkan pada KN hari ke- 14, 21 dan 28 struktur mikroskopis timus terlihat septa intralobuler meluas dan limfosit yang masih terlihat jelas di korteks dan medula, selanjutnya pada KP hari ke- 14, 21 dan 28 struktur mikroskopis timus terlihat septa intralobular menyempit sehingga lobulus membesar, deplesi limfosit pada daerah medula dan meningkatnya jumlah limfosit. Hal ini dapat disimpulkan bahwa, vaksin AI pada ayam broiler mampu memberikan efek yang baik, sesuai dengan gambaran histopatologis dimana jumlah limfosit bertambah, penyempitan septa intralobuler dan deplesi limfosit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DETEKSI TITER ANTIBODI VIRUS AVIAN INFLUENZA (AI) SUBTIPE H5N1PADA AYAM KAMARAS (FAUZIAH FITRI, 2017)

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS TIMUS AYAM BROILER YANG DIINFEKSIKAN ESCHERICHIA COLI DAN DIBERIKAN EKSTRAK DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) (Doly Ihsan Siregar, 2016)

GAMBARAN MIKROSKOPIS TIMUS AYAM BROILER SETELAH VAKSINASI DENGAN VAKSIN VIRUS NEWCASTLE DISEASE (MELLA RISKY PRIMA, 2016)

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS BURSA FABRICIUS AYAM BROILER SETELAH DIVAKSIN DENGAN VAKSIN VIRUS AVIAN INFLUENZA (AI) (Nursaida Nasution, 2016)

DETEKSI TITER ANTIBODI VIRUS AVIAN INFLUENZA (AI) SUBTIPE H 5N1 PADA AYAM ALPU (Nurlita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy