//

TINGKAT STRES MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI TOEFL SEBAGAI SYARAT MENGIKUTI UJIAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CATURI YUNNI NOESIKA - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 15 Juli 2016 xiv + VI BAB + 66 Halaman + 4 Tabel + 1 Skema + 19 Lampiran CATURI YUNNI NOESIKA 1207101020004 TINGKAT STRES MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI TOEFL SEBAGAI SYARAT MENGIKUTI UJIAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ABSTRAK Kegagalan dan ketidaksiapan mahasiswa untuk mencapai skor TOEFL yang di tetapkan Universitas Syiah Kuala masih menjadi masalah yang serius. Berdasarkan data tahun 2012-2015 dari 22.776 mahasiswa Unsyiah yang mengikuti TOEFL hanya 17% yang mendapatkan skor ≥ 450. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuitingkat stres mahasiswa keperawatan dalam menghadapi TOEFL sebagai syarat mengikuti ujian skripsi di Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasinya seluruh mahasiswa keperawatan semester akhir angkatan 2012 reguler A. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan metode cross sectional. Penelitian dilakukan terhadap 74 responden. Alat pengumpulan data merupakan hasil modifikasi dari kuesioner Depression Anxiety StressScale (DASS 42) yang terdiri dari 42 item pernyataan dimodifikasi menjadi 38 itempernyataan. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 6-22 Juni 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres mahasiswa keperawatan dalam menghadapi TOEFL sebagai syarat mengikuti ujian skripsi di Universitas Syiah Kuala sebanyak 43 responden (58,1%) mengalami tingkat yang ringan dan sebanyak 31 responden (41,9%) mengalami tingkat stres yang berat, sehingga dapat disimpulkan sebagian mahasiswa berada pada kategori stres ringan. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada Fakultas Keperawatan untuk meningkatkan pembelajaran tentang TOEFL, baik secara intra maupun ekstrakurikuler bagi mahasiswakhususnya mahasiswa tingkat akhir. Bagi para mahasiswa disarankan untuk melakukan persiapan-persiapan TOEFL yang tidak hanya didapatkan dari proses pembelajaran di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala melainkan juga dari luar kampus secara mandiri. Kata Kunci : Mahasiswa keperawatan, TOEFL, tingkat stres Daftar Bacaan : 38 buku, 7 sumber online, 3 Jurnal, 4 artikel 3 skripsi (2000 –2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI COPING (PROBLEM FOCUSED COPING DAN EMOTION FOCUSED COPING) DALAM MENGHADAPI STRES PADA MAHASISWA PENYUSUN SKRIPSI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (NAURATUL IQRAMAH, 2018)

TINGKAT STRES DAN STRATEGI KOPING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RAHMATUR RAUDHA, 2016)

PERBEDAAN STRES MAHASISWA PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASISRNKOMPETENSI DAN KURIKULUM BERBASIS ISI FAKULTAS KEPERAWATANRNUNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH 2014 (Cut Sarach, 2014)

PENGARUH TEHNIK SPIRITUAL/DZIKIR TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA MENJELANG UJIAN RESPONSI DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siti Nurafifah Qarimah, 2016)

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA RNMENJELANG UJIAN PRAKTIKUMRNDI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RIZKIA FUNNA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy