//

BIODIVERSITAS GEN 16S RRNA BAKTERI TERMO-HALOFILIK ISOLAT LOKAL PRIA LAOT SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Rahmadani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Biodiversitas bakteri termo-halofilik isolat Pria Laot Sabang A dan 80, dipelajari melalui keragaman urutan nukleotida gen 16S rRNA. Analisis gen 16S rRNA dari bakteri termo-halofilik telah dilakukan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) menggunakan dua pasang primer spesifik, yaitu Bact_27F dan Uni_1492R serta Com_1F dan Com_2R. Urutan basa nitrogen nukleotida bakteri termo-halofilik isolat PLS A dan 80 diidentifikasi menggunakan metode direct sequencing blast dengan ukuran berturut-turut sebesar 1521 bp dan 1507 bp. Keragaman bakteri diperoleh dengan cara membandingkan urutan DNA gen 16S rRNA sampel dengan database genBank NCBI dan analisis filogenetik. Hasil BLAST NCBI menunjukkan bahwa bakteri termo-halofilik isolat PLS A memiliki tingkat homologi sebesar 95% dengan kelompok bakteri genus, yaitu Geobacillus sp., Bacillus sp., dan Uncultured organism clone. Sementara itu, bakteri termo-halofilik isolat PLS 80 memiliki tingkat homologi 91% dengan kelompok bakteri genus Geobacillus sp., Bacillus sp., dan Uncultured bacterium clone. Hasil konstruksi pohon filogenetik dengan program Neighbor-joining pada aplikasi MEGA6.06 menunjukkan bahwa bakteri termo-halofilik isolat PLS A dan 80 tidak memiliki hubungan kekerabatan terdekat dengan mikroorganisme lain. Dimana, bakteri termo-halofilik isolat PLS A dan 80 membentuk percabangan mikroorganisme outgroup sehingga hasil yang diperoleh menyarankan bahwa bakteri termo-halofilik isolat PLS A dan 80 merupakan spesies baru dari kelompok genus Geobacillus sp. Kata kunci : Isolat Pria Laot Sabang, bakteri termo-halofilik, analisis gen 16S rRNA

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SKRINING DAN OPTIMASI PRODUKSI PROTEASE DARI MIKROORGANISME TERMOFILIK DAN HALOFILIK ISOLAT LOKAL PRIA LAOT SABANG (Atikah, 2014)

SKRINING ANTIBIOTIK DAN IDENTIFIKASI GEN 16S RRNA DARI BAKTERI TERMO-HALOFILIK ISOLAT PRIA LAOT SABANG (PLS) 76 (Amelya Yolanda, 2018)

SKRINING DAN STUDI POTENSI α-AMILASE TERMOSTABIL YANG DIHASILKAN DARI MIKROORGANISME TERMO-HALOFILIK ISOLAT PRIA LAOT-SABANG (Jasmin Putri Nabila, 2014)

KARAKTERISASI DAN IDENTIFIKASI ISOLAT BAKTERI TERMOHALOFILIK YANG DIISOLASI DARI SUMBER AIR PANAS PRIA LAOT SABANG (sharfina maulidayanti, 2014)

SKRINING DAN STUDIPERTUMBUHAN MIKROORGANISME TERMO-HALOFILIK ISOLAT PRIA LAOT SABANG PENGHASIL LIPASE (Nurul Hikmatul Ulwiyah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy