//

KAJIAN KOREOGRAFI TARI PIASAN MEULAOT DI SANGGAR RAMPOE KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Puspa Hildayani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : koreografi, tari piasan meulaot Penelitian ini berjudul “Kajian Koreografi Tari Piasan Meulaot Di Sanggar Rampoe Kota Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana koreografi tari piasan meulaot di sanggar Rampoe. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan koreografi tari piasan meulaot di sanggar rampoe kota banda aceh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara mendalam tentang proses penggarapan tari piasan meulaot di sanggar rampoe kota banda aceh. Subjek penelitian ini adalah koreografer sanggar Rampoe, ketua sanggar Rampoe, penari dan pemusik sanggar Rampoe. Objek dalam penelitian ini adalah tari piasan meulaot. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan koreografi tari piasan meulaot termasuk ke dalam tari kreasi baru yang berpola tradisi. Dalam proses koreografi tari piasan meulaot, tarian ini memerlukan langkah-langkah yaitu dengan cara mengeksplorasi gerak, komposisi tari dan mengevaluasi gerak sehingga tercipta tari piasan meulaot di sanggar Rampoe. Tari piasan meulaot diciptakan pada tahun 2006 oleh Yusri Sulaiman, yang menceritakan aktivitas masyarakat aceh yang pergi ke laut untuk mencari nafkah sebagi nelayan. Tari ini memiliki 68 ragam gerak, 24 pola lantai dan 12 orang penari diantranya 8 penari putri dan 4 penari putra. Tata rias yang digunakan pada tari piasan meulaot adalah tata rias cantik. Tata busana yang digunakan pada tari piasan meulaot adalah busana tradisional Aceh seperti celana hitam, baju Aceh lengan panjang dan songket. Perlengkapan atas kepala yang digunakan adalah sanggul, harnal, jelbab, kain tile, bunga dan aksesoris yang digunakan adalah bross dan anting. Properti yang digunakan terdiri dari tali sumbu, bubee, kayu, keranjang dan caping. Alat musik yang digunakan adalah serune kalee, rapa’i, geuderang, jimbe dan menggunakan syair dibeberapa gerakan tertentu.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KOREOGRAFI TARI CANGKLAK DI SANGGAR RAMPOE KOTA BANDA ACEH (Aida Humaira, 2017)

KAJIAN KOREOGRAFI TARI BURQA AL-ZAFN DI SANGGAR BUDAYA ACEH NUSANTARA (BUANA) BANDA ACEH DI SANGGAR BUDAYA ACEH NUSANTARA (BUANA) BANDA ACEH (Rika Agustina, 2015)

BENTUK PENYAJIAN TARI KREASI JAMEUN DI SANGGAR RAMPOE BANDA ACEH (Nanda Wahyuni, 2015)

KAJIAN KOREOGRAFI TARI TRADISI BLANG KARYA M. RIZA (ISMIYATUL ZANNAH, 2018)

PEMBELAJARAN TARI TRADISIONAL ACEH PADA SANGGAR DI KOTA BANDA ACEH (INTAN, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy