//

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA ALUE DEAH TEUNGOH, DESA DEAH BARO DAN DESA BLANG OI) DI KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Janu Is Aryanto - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kota Banda Aceh termasuk wilayah yang terkena bencana tsunami tanggal 26 Desember 2004 dengan jumlah korban jiwa yang paling banyak. Untuk mengurangi jumlah korban jiwa akibat bencana tersebut diperlukan mitigasi bencana, salah satunya dengan perencanaan jalur evakuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi eksisting jaringan jalan dan evaluasi kelayakan masing-masing jalur evakuasi pada saat bencana tsunami mendatang, mengidentifikasi pola pergerakan masyarakat pada saat evakuasi serta merencanakan jalur evakuasi bencana tsunami pada wilayah studi. Lokasi penelitian ini terletak di Desa Alue Deah Teungoh, Desa Deah Baro dan Desa Blang Oi Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh yang merupakan wilayah pesisir dengan jumlah korban jiwa yang cukup banyak. Data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah bagi pengguna kendaraan bermotor terdapat terdapat 7 jalur yang layak untuk 3 titik evakuasi bagi masyarakat Desa Alue Deah Teungoh, 7 jalur yang layak untuk 2 titik evakuasi bagi masyarakat Desa Deah Baro dan 14 jalur yang layak untuk 3 titik evakuasi bagi masyarakat Desa Blang Oi. Sedangkan bagi pejalan kaki terdapat 3 jalur yang layak untuk 1 titik evakuasi bagi masyarakat Desa Alue Deah Teungoh, 3 jalur yang layak untuk 1 titik evakuasi bagi masyarakat Desa Deah Baro, dan 5 jalur yang layak untuk 1 titik evkuasi bagi masyarakat Desa Blang Oi. Titik evakuasi yang dipilih oleh masyarakat yang berada didalam dan disekitar wilayah Desa Alue Deah Teungoh, Desa Deah Baro dan Desa Blang Oi adalah Escape Buidling Desa Alue Deah Teungoh, Escape Building Desa Deah Baro dan Deah Glumpang, Grand Permata Hati Hotel, Mesjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami Aceh, PLTD Apung dan SMPN 1 Banda Aceh. Kata kunci: Jalur evakuasi, jarak, waktu tempuh, derajat kejenuhan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA DEAH GLUMPANG, DESA LAMBUNG, DAN DESA COT LAMKUWEH, KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH) (Vimia Nabila Putri, 2016)

IDENTIFIKASI FREKUENSI NATURAL DAN DAMPING RATIO DENGAN MENGGUNAKAN MIKROMETER PADA GEDUNG EVAKUASI BENCANA DESA ULEE LHEUE DAN DESA ALUE DEAH TEUNGOH (TEUKU NANTA SETIA, 2018)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI TSUNAMI DENGAN METODE BANGUNAN POHON JARINGAN JALAN DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Khairul Syahmega, 2019)

MENDESAIN MODUL EVAKUASI BENCANA GEMPA BUMI BERPOTENSI TSUNAMI UNTUK PENGETAHUAN KEPALA KELUARGA DI DESA TIBANG, DEAH RAYA DAN ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH (Nizam Slamat, 2018)

ANALISIS KETERSEDIAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI KOTA BANDA ACEHRN(STUDI KASUS JEULINGKE, TIBANG, DEAH RAYA) (Abrar Akbar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy