//

ANALISIS EFEKTIVITAS BIAYA TERAPI KELASI BESI PADA PASIEN TALASEMIA DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rian Rivensky - Personal Name

Abstrak/Catatan

Analisis efektivitas biaya terapi kelasi besi pada pasien talasemia telah dilakukan di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data efektivitas biaya terapi kelasi besi dan mengetahui terapi kelasi besi yang lebih efektif untuk mengurangi beban biaya di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode survei yang bersifat deskriptif. Pengambilan data dilakukan secara retrospektif berdasarkan data registrasi pasien talasemia dan data pemberian obat pasien talasemia periode Januari 2014 hingga Maret 2016 yang memenuhi kriteria inklusi. Data dikelompokkan berdasarkan umur menurut perhitungan dosis, yaitu 0-7 tahun, 8-19 tahun, dan 20 tahun ke atas. Total biaya berasal dari biaya terapi kelasi besi per bulan yang disesuaikan dengan harga masing-masing kelasi besi pada e-katalog obat pemerintah tahun 2014. Total efektivitas ditentukan berdasarkan nilai penurunan kadar ferritin serum pasien selama terapi kelasi besi dengan parameter efektivitas terapi adalah nilai rata-rata penurunan kadar ferritin serum seluruh data penelitian. Nilai Average Cost-Effectiveness Ratio (ACER) terapi Ferriprox (deferipron) yang diperoleh pada kelompok umur 0-7 tahun dan 8-19 tahun lebih rendah daripada terapi Exjade (deferasiroks). Hal ini menunjukkan bahwa terapi Ferriprox memiliki efektivitas biaya yang lebih tinggi daripada terapi Exjade. Berdasarkan analisis Incremental Cost-Effectiveness Ratio (ICER) pada kelompok umur 0-7 tahun, terapi Ferriprox meningkatkan biaya sebesar Rp11.998,00 per bulan. Pada kelompok umur 8-19 tahun, terapi Ferriprox mengurangi biaya sebesar Rp287.076,00 per bulan dan pada kelompok umur 20 tahun ke atas mengurangi biaya sebesar Rp70.230,00 per bulan. Hal ini menunjukkan bahwa terapi Ferriprox memberikan penghematan terhadap biaya terapi kelasi besi per bulan dan lebih efektif untuk mengurangi beban biaya di rumah sakit. Kata kunci: efektivitas biaya, kelasi besi, talasemia, Exjade, Ferriprox

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI DENGAN GANGGUAN FUNGSI HATI PADA PENDERITA β-TALASEMIA MAYOR (FATHURRAHMI, 2018)

HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI DENGAN PERTUMBUHAN LINIER ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FANINA RIZKIA, 2017)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI TERHADAP PERKEMBANGAN SEKS SEKUNDER PADA ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUDZA BANDA ACEH (Fahmiati Arifna, 2017)

EVALUASI EFEKTIVITAS TERAPI HUMAN SERUM ALBUMIN (HSA) PADA PASIEN PASCA BEDAH YANG DIRAWAT DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Arista Maulida, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN PASIEN DIABETES MELITUS DALAM MENJALANI TERAPI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Maisura, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy