//

KAJIAN PENGGUNAAN OBAT ANTIDIABETES PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI DEPO FARMASI RAWAT JALAN RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizky Amanda Chamayasinta - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kajian penggunaan obat antidiabetes telah dilakukan pada resep pasien diabetes melitus (DM) tipe II pada periode Januari-Maret 2016 dari depo farmasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji gambaran umum pasien DM tipe II, mengkaji variasi obat antidiabetes yang digunakan, dan mengkaji variasi obat antidiabetes yang digunakan pada pasien DM tipe II dengan penyakit penyerta. Penelitian ini bersifat deskriptif yang dilakukan secara retroprospektif terhadap resep pasien. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria insklusi sebanyak 353 lembar resep. Berdasarkan jenis kelamin dan usia, penyakit DM tipe II banyak diderita oleh perempuan (53,3%) dan pada kategori usia 56-65 tahun (35,98%). Pasien lebih banyak didiagnosa DM tipe II yang diikuti penyakit penyerta yaitu sebesar 76,77%. Pola obat antidiabetes yang diresepkan pada pasien DM tipe II terdiri atas terapi tunggal (35,98%) dan terapi kombinasi (64,02%). Terapi tunggal yang paling sering diresepkan adalah Insulin (60,63%). Terapi kombinasi yang paling sering diresepkan yaitu Insulin-Insulin (35,84%), Metformin-Glimepiride (19,47%), Insulin-Metformin (15,04%), Gliklazid-Metformin (7,52%), dan Glikuidon-Meformin(4,42%). Untuk terapi antidiabetes pada pasien DM tipe II dengan penyakit penyerta, obat yang paling sering diresepkan yaitu Metformin, Insulin, dan kombinasi Metformin-Glimepiride. Kata kunci : DM tipe II, obat antidiabetes, RSUDZA

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN KOLONI SPESIES CANDIDA ORAL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUDZA BANDA ACEH (SALVINIA, 2015)

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (anggia geubrina, 2015)

KORELASI ANTARA KADAR GULA DARAH DENGAN KADAR ASAM URAT PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLI ENDOKRINOLOGI RSUDZA BANDA ACEH (Sigit Ananda, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN MUNTINGIA CALABURA L. TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Apriliana Agustina, 2016)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO DIABETES MELLITUS TIPE II PADA PASIEN POLI ENDOKRIN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Maulida, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy