//

SIMULASI PERHITUNGAN DOSIS BAGI PENGGUNA PESAWAT TERBANG YANG TERPAPAR RADIASI KOSMIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Layna Miska - Personal Name

Abstrak/Catatan

Simulasi terhadap dosis efektif radiasi kosmik yang diterima pengguna pesawat terbang telah dilakukan. Simulasi ini dilakukan menggunakan data energi partikel kosmik yang ada pada beberapa titik ketinggian di atas permukan laut. Selanjutnya dilakukan interpolasi untuk mendapatkan data energi partikel kosmik pada semua titik ketinggian mulai 0 sampai 16 km dengan kenaikan 0,1 km. Hasil interpolasi ini kemudian digunakan untuk menghitung dosis efektif radiasi kosmik. Untuk mengetahui besarnya radiasi kosmik yang diterima pengguna pesawat terbang, maka ditinjau pula pengaruh material badan pesawat terhadap penurunan intensitas radiasi kosmik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada penurunan yang signifikan antara dosis efektif radiasi kosmik sebelum dan sesudah melewati badan pesawat. Berdasarkan simulasi yang telah dilakukan terhadap pilot yang melakukan perjalanan sebanyak 160 kali/ tahun dengan ketinggian penerbangan 11,89 km di atas permukaan laut , diperoleh bahwa dosis efektif radiasi kosmik yang diterima oleh pilot tersebut telah melebihi batas aman dosis 1 mSv yang direkomendasikan ICRP untuk masyarakat umum, meskipun probabilitas kejadian kanker fatal tergolong kecil, namun kemungkinan terjadinya efek stokastik tersebut tetap ada. Perhitungan dosis radiasi kosmik ini menghasilkan nilai deviasi di bawah 40% pada ketinggian 9 sampai 16 km dibandingkan beberapa penelitian lain, dengan selisih nilai dosis efektif sebesar 0,25 sampai 0,45 µSv. Sedangkan pada ketinggian di bawah 9 km, faktor koreksi perlu dilakukan dikarenakan nilai deviasi masih cukup tinggi. Kata kunci: radiasi kosmik, dosis efektif, perjalanan udara

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINJAUAN YURIDIS PESAWAT TERBANG SEBAGAI OBJEK JAMINAN HIPOTIK DI DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2009 TENTANG PENERBANGAN (MUHAMMAD WALIYULLAH, 2018)

GAMBARAN PENGETAHUAN DOKTER GIGI MUDA DI RSGM UNSYIAH BANDA ACEH MENGENAI RADIASI IONISASI DAN EFEK NEGATIF RADIASI IONISASI DALAM DENTAL RADIOGRAFI (susanti angkat, 2014)

PERANCANGAN ALAT PENGUKUR RADIASI MEDAN ELEKTROMAGNETIK STUDI KASUS HANDPHONE NOKIA 1102 (MUHIBBAN, 2016)

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA PENCURIAN BAGASI PENUMPANG PESAWAT TERBANG (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR KOTA BANDA ACEH) (ADE KANA SORAYA, 2018)

PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PILOT PESAWAT TERBANG ATAS TERJADINYA KECELAKAAN PESAWAT TERBANG MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2009 TENTANG PENERBANGAN (Zulfadli, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy