//

FORMULASI SEDIAAN LIPSTIK DENGAN BASIS MINYAK ALPUKAT (PERSEA AMERICANA MILL.) DAN EKSTRAK BIJI COKLAT (THEOBROMA CACAO L.) SEBAGAI PEWARNA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nura Sulfina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Minyak alpukat merupakan minyak yang diperoleh dengan cara mengepres bagian daging buah alpukat. Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dalam kesehatan dan kecantikan. Penelitian ini dilakukan untuk memformulasikan sediaan lipstik dengan menggunakan basis minyak alpukat dan menentukan stabilitas lipstik. Formulasi sediaan lipstik terdiri dari cera alba, lanolin, vaselin alba, Carnauba wax, setil alkohol, minyak mawar (Oleum rosae), butil hidroksitoluen, nipagin, Propilenglikol, tween 80, pewarna dari ekstrak biji cokelat, dan penambahan minyak alpukat dengan berbagai konsentrasi yaitu 5%, 10% dan 15%. Pengujian terhadap lipstik meliputi homogenitas, titik lebur, kekuatan lipstik, uji stabilitas terhadap perubahan bentuk, warna dan bau selama penyimpanan 30 hari pada suhu kamar, uji oles, dan pemeriksaan pH, serta uji iritasi dan uji kesukaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak alpukat dapat diformulasikan sebagai basis minyak dalam sediaan lipstik namun tidak stabil selama penyimpanan ditandai dengan adanya perubahan pada warna dan bau. Kata kunci : Minyak alpukat, lipstik, basis minyak, ekstrak biji coklat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN EKSTRAK ETANOL 70% BIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA MILL.) SEBAGAI PEMBUSA ALAMI DALAM FORMULASI SAMPO (IRDA LESTARI, 2018)

FORMULASI SEDIAAN LIPSTIK MENGGUNAKAN BASIS MINYAK KELAPA MURNI (COCOS NUCIFERA L.) DAN EKSTRAK UBI JALAR UNGU (IPOMEA BATATAS L.) SEBAGAI PEWARNA ALAMIFORMULASI SEDIAAN LIPSTIK MENGGUNAKAN BASIS MINYAK KELAPA MURNI (COCOS NUCIFERA L.) DAN EKSTRAK UBI JALAR UNGU (IPOMEA BATATAS L.) SEBAGAI PEWARNA ALAMI (LILIS SURYANI, 2018)

KONSENTRASI HAMBAT DAN BUNUH MINIMUM EKSTRAKRNBIJI ALPUKAT (PERSEA AMERICANA) TERHADAPRNPERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Nazla Chairini, 2014)

UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN FORMULASI SEDIAAN MASKER PEEL-OFF MINYAK DAGING BUAH ALPUKAT (PERSEA AMERICANA MILL) (Siti Fatimah Zahra, 2016)

FORMULASI SEDIAAN KRIM TANGAN MINYAK ALPUKAT (PERSEA AMERICANA MILL.) SEBAGAI PELEMBAB (Rizki Wulandari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy