//

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP LARUTAN PENYANGGA DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yusnidar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: pemahaman konsep, larutan penyangga, tes diagnostik, dan three-tier multiple choice Telah dilakukan penelitian identifikasi pemahaman siswa pada konsep larutan penyangga dengan menggunakan tes diagnostik three-tier multiple choice di kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa dan tanggapan guru terhadap penggunaan tes diagnostik three-tier multiple choice pada materi larutan penyangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 4 Banda Aceh sebanyak 30 orang dan 4 orang guru bidang studi kimia. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah nonprobalility sampling dengan tipe purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes diagnostik three-tier multiple choice dan angket tanggapan guru. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa pada materi larutan penyangga dikategorikan rendah dengan persentase rata-rata siswa paham konsep, tidak paham konsep, miskonsepsi dan error berturut-turut adalah 5,83%, 39,17%, 49,17% dan 5,83%. Berdasarkan kriteria pendeskripsian tingkat pemahaman siswa, persentase yang diperoleh berada di bawah 45-30% dengan kategori rendah. Hasil analisis data mengenai tanggapan guru terhadap penggunaan tes diagnostik three-tier multiple choice diperoleh persentase rata-rata 83,33% dengan kriteria baik sekali. Soal tes diagnostik three-tier multiple choice ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 TERHADAP KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER MULTIPLE CHOICE (iffah munawwarah, 2016)

ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DENGAN MENGGUNAKAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST DI KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Aida Auliyani, 2017)

MENGANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA MENGGUNAKAN INSTRUMEN PENILAIAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH) (Malik Yakubi, 2017)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN FOUR TIER MULTIPLE CHOICE PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT DI KELAS X SMA AL-FALAH KABUPATEN ACEH BESAR (Riska Irsanti, 2017)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP TERMOKIMIA DENGAN MENGGUNAKAN FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIC TEST PADA KELAS XI IPA 2 SMAN 1 BUKIT BENER MERIAH (Helda Rianti, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy