//

PENYEBARAN BERBAGAI SPESIES LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHITRIDAE) YANG MENYERANG TANAMAN MANGGA (MANGIFERA SP) DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RANANDA ARASTI MEUNA - Personal Name
SubjectFRUIT FLIES
MANGOES
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Pascasarjana
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Rananda Arasti Meuna. 2016. Penyebaran Berbagai Spesies Lalat Buah (Diptera: Tephitridae) yang Menyerang Tanaman Mangga (Mangifera sp.) di Kota Banda Aceh. Pembimbing: (1) Dr. Syaukani, M.Sc., (2) Prof. Dr. M. Ali S, M.Si. ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui spesies, penyebaran dan penyerangan lalat buah pada tanaman mangga yang terdapat di Kota Banda Aceh. Penelitian dilakukan pada September 2015, di Kecamatan Banda Raya, Kuta Raja, Kuta Alam, Syiah Kuala, dan Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode perangkap Steiner, dan penentuan kawasan tanaman mangga yang diteliti dilakukan dengan metode survei. Subjek penelitian adalah lalat buah yang menyerang mangga, dan objek penelitian adalah lalat buah yang terperangkap dalam perangkap Steiner. Analisis tentang spesies lalat buah dilakukan secara deskriptif, sedangkan cara penyerangan lalat buah dengan menggunakan rumus Indek Morisita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah total lalat buah yang ditemukan pada pohon mangga di Kota Banda Aceh sebanyak 2.283 individu dan spesieslalat buah yang didapatkan adalah Bactrocera dorsalis dan Bactrocera umbrosus, dengan indek penyebaran tertinggi terdapat di Gampong Jawa yakni 2,5 dengan pola berupa mengelompok (id>1). Pola sebaran terendah berada di Gampong Lambaro Skep yaitu 0,4, dengan pola sebaran teratur (id

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVENTARISASI JENIS LALAT BUAH(DIPTERA: TEPHRITIDAE) YANG MENGUNJUNGI TANAMAN MANGGA (MANGIFERA INDICA) (mustika, 2015)

KERAGAMAN SPESIES LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDAE) PADA JERUK LEMON DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Zarra Fazia, 2017)

JENIS LALAT BUAH (DIPTERA:TEPHRITIDAE) RNDAN PREFERENSINYA TERHADAPRNTANAMAN BUAH PEKARANGANRNDI KOTA BANDA ACEH (Ayu Wandira, 2014)

INVENTARISASI JENIS HAMA LALAT BUAH (TEPHRITIDAE) YANG MENYERANG BERBAGAI VARIETAS BUAH MANGGA DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Ilhamdani Rahman, 2018)

INVENTARISASI LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDAE) PADA TANAMAN BUAH PEKARANGANRN DI KOTA JANTHO, ACEH BESAR (Lia Arianti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy