//

PENGUKURAN KOEFISIEN SERAPAN MASSA (μM) FILTER ROKOK KOMERSIAL MENGGUNAKAN DETEKTOR GEIGER-MULLER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sitti Hadaina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian mengenai pengukuran koefisien serapan massa (µm) pada beberapa filter rokok komersial (A, B, C) menggunakan detektor Geiger-Muller dengan sumber radiasi Sr-90 dan Am-241. Pada penelitian ini filter rokok divariasikan jarak paparan dari sumber radiasi menuju detektor, yakni 6 cm, 7 cm dan 8 cm dengan ketebalan sesuai karakteristik dari tiga filter rokok tersebut. Sampel filter rokok diberi perlakuan dengan pres dan tanpa pres (kondisi normal). Filter rokok pres diberikan gaya tekan sebesar 5 ton dengan waktu tahan selama 10 menit menggunakan Hidrolic Press. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa pada kondisi normal filter rokok B memiliki nilai koefisien serapan massa (µm) yang paling baik dibandingkan dengan filter rokok A dan filter rokok C dengan sumber Sr-90 maupun Am-241. Untuk filter rokok yang telah dipres didapatkan bahwa nilai koefisien serapan massa (µm) yang paling baik diperoleh oleh filter rokok C diikuti oleh filter rokok A dan filter rokok B untuk sumber Sr-90 maupun Am-241. Kata Kunci: Radiasi, Filter rokok, Koefisien Serapan Massa (µm)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN WARNA EMAIL GIGI SETELAH PEMAPARAN ROKOK FILTER DAN ROKOK KRETEK (Defi Yumisra, 2015)

PERUBAHAN WARNA RESIN KOMPOSIT SETELAH PAPARAN ROKOK FILTER DAN ROKOK KRETEK (Maya Rizki Mauliani, 2015)

PENGARUH SUBSITUSI LIMBAH FILTER ROKOK TERHADAP PARAMETER MARSHALL PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC) (Fuad Hasan, 2016)

GAMBARAN PERIODONTITIS KRONIS BERDASARKAN JENIS ROKOK YANG DIISAP (KRETEK DAN FILTER) PADA PASIEN DI PUSKESMAS LAMBARO ACEH BESAR (Fadhlul Akhyar Z.I, 2016)

IDENTIFIKASI BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE MAGNETIK DI KAWASAN BENTENG KUTA BATEE, TRUMON, ACEH SELATAN (Fitria Rahmadhani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy