//

PRESUPOSISI DALAM NOVEL MENDAYUNG IMPIAN KARYA REYHAN M. ABDURROHMAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nova Sela Meilestari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul Presuposisi dalam Novel Mendayung Impian Karya Reyhan M. Abdurrohman. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan presuposisi eksistensial dalam novel Mendayung Impian Karya Reyhan M. Abdurrohman, (2) mendeskripsikan presuposisi faktif dalam novel Mendayung Impian Karya Reyhan M. Abdurrohman, (3) mendeskripsikan presuposisi leksikal dalam novel Mendayung Impian Karya Reyhan M. Abdurrohman, (4) mendeskripsikan presuposisi struktural dalam novel Mendayung Impian Karya Reyhan M. Abdurrohman, (5) mendeskripsikan presuposisi nonfaktif dalam novel Mendayung Impian Karya Reyhan M. Abdurrohman, (6) mendeskripsikan presuposisi konterfaktual dalam novel Mendayung Impian Karya Reyhan M. Abdurrohman, dan (7) mendeskripsikan presuposisi yang dominan dalam novel Mendayung Impian Karya Reyhan M. Abdurrohman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Mendayung Impian Karya Reyhan M. Abdurrohman dengan data penelitian berupa percakapan antartokoh dalam novel Mendayung Impian Karya Reyhan M. Abdurrohman. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik telaah dokumen. Langkah-langkah analisis data penelitian ini, meliputi menyeleksi data, menganalisis data, menyajikan atau menjelaskan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) presuposisi eksistensial yang ditemukan berupa presuposisi yang ditandai oleh nomina, frasa nominal, keterangan tempat, dan keterangan waktu, (2) presuposisi faktif yang ditemukan berupa presuposisi yang ditandai oleh verba, frasa verbal, adjektiva, dan frasa adjektival, (3) presuposisi leksikal yang ditemukan berupa presuposisi yang ditandai oleh ungkapan leksikal khusus yang menimbulkan presuposisi dengan pernyataan lain yang secara konsep tidak dinyatakan langsung di dalam tuturan, (4) presuposisi nonfaktif yang ditemukan berupa presuposisi yang ditandai oleh nomina, frasa verbal, frasa preposisional, dan konjungsi, (5) presuposisi struktural yang ditemukan berupa presuposisi yang ditandai oleh kata tanya, dan (6) presuposisi konterfaktual yang ditemukan berupa presuposisi yang ditandai oleh kata konjungsi yang menyatakan pengandaian. Presuposisi yang dominan adalah presuposisi eksistensial, karena banyak ditemukan penanda-penanda yang mengindikasikan munculnya presuposisi eksistensial pada percakapan dalam novel Mendayung Impian karya Reyhan M. Abdurrohman. Penanda-penanda yang sering muncul dalam presuposisi eksistensial adalah penanda nomina, frasa nominal, keterangan waktu, dan keterangan tempat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PRESUPOSISI DALAM NOVEL KOALA KUMAL KARYA RADITYA DIKA (Jumadiana, 2016)

KONTRIBUSI KESEIMBANGAN STATIS DAN POWER LENGAN TERHADAP KECEPATAN MENDAYUNG KAYAK 1 JARAK 20 METER PADA ATLET DAYUNG PENGCAB BANDA ACEH (Masykur, 2017)

KONTRIBUSI POWER OTOT LENGAN DAN DAYA TAHAN OTOT LENGAN TERHADAP KECEPATAN MENDAYUNG DRAGON BOAT JARAK 200 METER PADA ATLET DAYUNG KOTA BANDA ACEH TAHUN 2017 (Agus Triawan, 2019)

KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN TERHADAP KECEPATAN MENDAYUNG K-1 JARAK 200 M PADA ATLET DAYUNG KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Munawirsyah, 2014)

PRESUPOSISI DALAM TUTURAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNSYIAH (ANALISIS PRESUPOSISI EKSISTENSIAL, PRESUPOSISI LEKSIKAL, DAN PRESUPOSISI STRUKTURAL) (Qistina Ummah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy