//

ANALISIS KARAKTER TOKOH DALAM NASKAH DRAMA WARISAN KARYA JUNAIDI BANTASYAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Rifki - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakter dan karakterisasi tokoh dalam naskah drama Warisan karya Junaidi Bantasyam. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berupa naskah drama Warisan karya Junaidi Bantasyam yang termuat dalam Seulawah: Antologi Sastra Aceh Sekilas Pintas. Hasil penelitian: (1) naskah drama Warisan terdapat tiga tokoh, yaitu tokoh Tuan Atur, tokoh Ucak, dan tokoh Nona Bani, (2) karakter tokoh Tuan Atur meliputi peduli terhadap kepentingan umum, berprasangka buruk, congkak, sangat menjaga benda berharga peninggalan leluhurnya, baik bila ada maunya, kurang sopan, terlalu percaya diri, pembohong, licik, personal, tegar tengkuk, serakah, penghianat, dan nyentrik, (3) karakter tokoh Ucak meliputi rela berkorban, sigap, tegas, penurut pada majikan, pantang kelintasan, cinta damai, jenaka, setia pada majikan, lugu, dan penakut, (4) karakter tokoh Nona Bani meliputi tidak sabar, kurang sopan, sombong, pemarah/kasar, nyentrik, genit, kurang rasa malu, menjaga harga dirinya, pantang kelintasan, dan tegar tengkuk, (5) karakterisasi dilakukan menggunakan dua metode, yaitu metode langsung dan tidak langsung. Karakter-karakter negatif dominan muncul ketimbang karakter positif. Terkait penggambaran karakter tokoh, metode tidak langsung dominan digunakan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERWATAKAN PADA NASKAH DRAMA SEULANGA KARYA ALIMUDDIN (Maria Ulfa, 2017)

NILAI MORAL DALAM NASKAH DRAMA TANAH PEREMPUAN RNKARYA HELVY TIANA ROSA (Listia Ulfa, 2014)

BENTUK PENYAJIAN PERTUNJUKAN TEATER NASKAH KISAH PERJUANGAN SUKU NAGA KARYA WS RENDRA YANG DI SUTRADARAI MUSTIKA PERMANA DI GEDUNG TAMAN BUDAYA ACEH TAHUN 2013 (Rahmayana, 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DELIMA MENULIS NASKAH DRAMA BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI (Absah, 2013)

ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM ANTOLOGI CERPEN MENGAWINI IBU KARYA KHRISNA PABICHARA (Isra Yurni, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy