//

FASCIOLA GIGANTICA DAN PARAMPHISTOMUM PADA SAPI ACEH DENGAN PENEKANAN PADA BODY CONDITION SCORE DAN PENGARUH JENIS KELAMIN TERHADAP INTENSITAS PARASIT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizka Ayuni - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang infestasi Fasciola gigantica dan Paramphistomum spp dalam kaitannya dengan Body Condition Score (BCS) dan pengaruh jenis kelamin sapi Aceh terhadap intensitas parasit yang disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Banda Aceh. Sampel yang digunakan 33 ekor sapi jantan dan 32 ekor sapi betina. Identifikasi telur Fasciola gigantica dan Parampistomum spp dilakukan dengan metode sedimentasi modifikasi borray, yang menggunakan twins 80. Data dianalisis secara deskriptif dan Uji Student T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total prevalensi Fasciola gigantica 49,2% yang terdiri dari prevalensi pada sapi jantan 48,48% dan 50% pada sapi betina. Rataan jumlah telur Fasciola gigantica per gram feses 2,65, dengan rataan jumlah telur per gram feses Fasciola gigantica pada sapi jantan 2,76 dan sapi betina 2,56. Uji Student T-tets menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata (P>0,05) antara intensitas jumlah telur pada sapi jantan dan betina. Prevalensi Paramphistomum spp pada jantan 72,72 % dan 81,25% dengan jumlah prevelensi keseluruhan 76,92%. Sedangkan rataan telur Paramphistomum spp per gram tinja adalah 5,37 dengan 42,62 telur per gram tinja jantan dan 10,29 telur per gram tinja betina. Setelah dilakukan Uji Student T-test, terdapat perbedaan yang nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI PARASIT GASTROINTESTINAL TERNAK SAPI RAKYAT BERDASARKAN TINGKATAN UMUR DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Mulia Fitri, 2016)

PEMERIKSAAN FESES, KANTUNG EMPEDU, GAMBARAN MAKROSKOPIS HATI DAN KADAR HORMON REPRODUKSI PADA SAPI AKIBAT INFESTASI FASCIOLA GIGANTICA (HAFIZ MARWADI, 2016)

KONSENTRASI PROTEIN EKSKRETORI/SEKRETORI DAN SOMATIK ANTIGEN PADA FASIOLA GIGANTICADAN EURYTREMA PANCREATICUM (Nurmayasari, 2015)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI PARASIT GASTROINTESTINAL TERNAK SAPI BERDASARKAN POLA PEMELIHARAAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Cut desta morica, 2016)

IDENTIFIKASI JENIS CACING YANG MENGINFESTASI SAPI ACEH YANG ADA DI PUSAT PEMBIBITAN SAPI ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR (BAYU A. P. KELIAT, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy