//

PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SYIAH KUALA PADA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Adhe Hani Pratiwi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pratiwi, Adhe Hani. 2016. Persepsi Guru Pamong Terhadap Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Syiah Kuala Pada SMA Negeri di Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Ruaida, M.Si., (2) Alfi Syahril Fuadi Jaya, S.Pd, M.Si. Kata kunci: Persepsi Guru, Mahasiswa PPL, Kompetensi Guru Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah persepsi guru pamong terhadap pelaksanaan PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pamong terhadap pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Syiah Kuala pada SMA Negeri di Kota Banda Aceh dari masing-masing kompetensi guru yaitu komptensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru pamong yang mendapatkan tugas membimbing mahasiswa/i PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi pada tahun ajaran 2015/2016 semester ganjil pada SMA Negeri di Kota Banda Aceh yang berjumlah 17 orang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi awal dan penyebaran angket/kuisioner. Data penelitian diolah dengan menggunakan rumus persentase (%) dan rata-rata ((X) ̅). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Syiah Kuala pada kompetensi pedagogik dikategorikan standar dengan rata-rata sebesar 3,5, selanjutnya kemampuan pada kompetensi kepribadian dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,0, kemampuan pada kompetensi profesional dikategorikan standar dengan rata-rata sebesar 3,4 dan kemampuan pada kompetensi sosial dikategorikan baik dengan rata-rata sebesar 4,2. Disarankan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi agar dapat meningkatkan keprofesionalannya pada kompetensi pedagogik, khususnya dalam mengembangkan kurikulum/silabus dan dalam mengembangkan bakat minat peserta didik, selanjutnya pada kompetensi profesional, khususnya dalam memberikan penguatan sebagai bentuk umpan balik bagi peserta didik, mengadakan variasi dalam proses pembelajaran, dalam membuka dan menutup pelajaran, dalam membimbing diskusi kelompok kecil, dan dalam mengelola kelas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)TERHADAP GURU PAMONG DI SMP NEGERI DAN SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (muslizar, 2015)

PERSEPSI KEPALA SEKOLAH, GURU DAN STAF SLB YPAC II BANDA ACEH TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) MAHASISWA FKIP UNSYIAH TAHUN 2015/2016 (Ferryandi, 2018)

PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA PPL PENDIDIKAN FISIKA DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (SYARIFAH NABILLA YANDIRA, 2018)

HUBUNGAN PERSEPSI GURU PAMONG DENGAN NILAI MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAHRN DI SMP SE-KOTA BANDA ACEH (HANISAH, 2015)

PERSEPSI SISWA TERHADAP MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PRODI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNSYIAH DI SMA/MA DALAM KOTA BANDA ACEH (Putri Zurlinda, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy