//

PENGARUH PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK CAIR DAN PUPUK HAYATI DENGAN BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR VITAMIN C PADA BUAH STROBERI (FRAGARIA VIRGINIANA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RUSMAWARNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rusmawarni, 2016. Pengaruh Penggunaan Pupuk Organik Cair dan Pupuk Hayati Dengan Berbagai Konsentrasi Terhadap Pertumbuhan dan Kadar Vitamin C Pada Buah Stroberi (Fragaria virginiana). Pembimbing I, Dr. Djufri, M. Si. Pembimbing II, Drs. Supriatno, M. Si., Ph. D. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan pupuk organik cair dan pupuk hayati terhadap pertumbuhan dan kadar vitamin C stroberi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juli sampai dengan 23 September 2015 di Kampung Jeget Ayu, Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 2 faktor perlakuan. Faktor pertama adalah pupuk organik cair dan faktor kedua adalah pupuk hayati. Parameter yang diamati adalah panjang tangkai daun, jumlah daun, jumlah bunga, dan kadar vitamin C pada stroberi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varians (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk organik cair dan pupuk hayati Bioboost berpengaruh terhadap panjang tangkai daun (pada umur 15, 30, 45 dan 60 HST), jumlah daun (pada umur 15, 30, 45 dan 60 HST), jumlah bunga (pada umur 45 dan 60 HST) dan kadar vitamin C tanaman stroberi. Pada pupuk organik cair dan pupuk hayati Bioboost terdapat berbagai unsur yang diperlukan oleh tanaman stroberi sehingga unsur tersebut digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman stroberi. Konsentrasi pupuk yang tepat ditunjukkan pada perlakuan S2B1 (pupuk organik cair dari urine sapi dengan konsentrasi 21 ml/polybag dan pupuk hayati Bioboost dengan konsentrasi 10 ml/polybag). Terdapat interaksi nyata antara penggunaan pupuk organik cair dan pupuk hayati terhadap pertumbuhan (panjang tangkai daun umur 15, 30, 45 dan 60 HST, jumlah daun umur 15, 30, 45 dan 60 HST, jumlah bunga umur 45 dan 60 HST) dan kadar vitamin C pada stroberi. Tidak terdapat interaksi nyata penggunaan pupuk organik cair dan pupuk hayati terhadap jumlah bunga pada umur 30 HST. Kata Kunci: Pupuk Organik, Pupuk Hayati, Kadar Vitamin C, dan Stroberi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PUPUK ORGANIK CAIR KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA) TERHADAP PERTUMBUHAN CABAI MERAH(CAPSICUM ANNUM L.) (Hazyuniati, 2016)

ANALISIS PRODUKSI DAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH YANG MENGGUNAKAN PUPUK HAYATI CAIR DI DESA BLANG CUT KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (syukran, 2017)

PENGARUH JENIS MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG UNGU (SOLANUM MELONGENA L.) (Lilis Marhawi, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOMPOS DAN PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KACANG PANJANG (VIGNA SINENSIS L.) (Erfina Muthmainnah, 2013)

PENGARUH MULSA DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR DIAMOND INTEREST GROW TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI (CAPSICUM ANNUUM L.) (MUIZZATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy