//

DASAR PERTIMBANGAN KEHALALAN, THAYYIBAN, DAN EKONOMI KONSUMEN DAGING AYAM BEBERAPA PASAR DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Shaddiq Rosa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui dasar pertimbangan keyakinan konsumen terhadap kehalalan dan thayyiban, serta menganalisis hubungan antara status sosial ekonomi dengan alasan konsumen ketika memutuskan untuk membeli daging ayam di beberapa pasar dalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian dilaksanakan di Pasar Lambaro, Pasar Lam Ateuk, dan Pasar Ketapang Dua. Kajian ini dilakukan dengan pendekatan survei lapangan melalui wawancara responden menggunakan kuesioner terstruktur. Responden dipilih secara acak yaitu konsumen yang membeli daging ayam di tiga pasar tersebut. Kriteria responden adalah konsumen yang beragama Islam, berusia ≥ 20 tahun dan membeli daging ayam di lokasi penelitian. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Dalam penelitian telah diwawancarai sejumlah 139 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen (> 83%) menyatakan bahwa daging ayam yang dijual diyakini memenuhi standar kehalalan. Mayoritas konsumen menyebutkan bahwa keyakinan mereka atas dasar mengenal penyembelih dan beragama Islam (36,69%). Sebagian besar konsumen (> 90%) menyatakan keyakinan terhadap status thayyiban (aman, sehat, dan utuh) dari daging ayam yang dijual di ketiga pasar tersebut. Diketahui bahwa jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan tempat tinggal adalah faktor yang mempengaruhi pola pikir konsumen dalam memilih daging ayam yang halalan thayyiban. Faktor status ekonomi konsumen juga mempengaruhi pertimbangan kehalalan dan thayyiban saat membeli daging ayam. Konsumen yang berpenghasilan di atas upah minimum regional (UMR) di Aceh lebih memperhatikan kehalalan dan thayyiban secara lebih rinci dibandingkan yang pendapatnya dibawah UMR. Bedasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa status kehalalan dan thayyiban dari daging ayam sangat penting bagi konsumen di Aceh. Namun demikian keyakinan mereka lebih bersifat mengenal penyembelih atau penjual.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PERTIMBANGAN KONSUMEN DAGING SAPI BERDASARKAN KONSEP KEHALALAN THAYYIBAN DAN EKONOMI MASYARAKAT DI PASAR DAGING LAMBARO, ACEH BESAR (fuji nuhraini, 2017)

DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA DAGING AYAM BROILER (GALLUS DOMESTICUS) DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Rizki Wulandari, 2015)

PERBANDINGAN TINGKAT KESEJAHTERAAN PEDAGANG DAGING AYAM POTONG DAN IKAN DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (Dimifta Hulriza, 2014)

DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING BROILER YANG TERDAPAT DI BEBERAPA PASAR TRADISIONAL KABUPATEN PIDIE (Muhammad Afzal, 2015)

JUMLAH CEMARAN ESCHERICHIA COLI PADA DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH, BANDA ACEH (Dwi Rosa Selfiana, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy