//

ANALISIS WILAYAH GEMPA BUMI DI PROVINSI ACEH BERDASARKAN TINGKAT KEAKTIFAN GEMPA TAHUN 1921-2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LINDA WAHYUNA - Personal Name
Fakultas Fakultas mipa
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan analisis pola spasial gempa bumi di Provinsi Aceh dengan cara mendeteksi cluster dan mencari pola spasial secara global dan local selama periode tahun 1921-2014 dengan menggunakan SIG (Sistem Informasi Geografis). Teknik-teknik yang dipilih antara lain Average Nearest Neighbor, Indeks Global Moran, Getis-Ord General G, Indeks Anselin Lokal Moran, Getis-Ord Gi*, dan Kernel Density Estimamation. Masing-masing teknik dilaksanakan dengan menggunakan SIG sehingga perhitungan dapat dilakukan dengan efisien dan cepat. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan (1) Teknik-teknik tersebut dapat mendeteksi titik-titik kluster pada pola spasial gempa bumi; (2) Baik secara global dan lokal menunjukkan gempa bumi berkelompok di daerah barat daya menuju ke bagian utara Provinsi Aceh; (3) Gempa bumi dengan magnitudo lebih besar umumnya terkonsentrasi di Kabupaten Simeulu, bagian barat Kabupaten Aceh Besar dan barat laut Sabang. Kata kunci: gempa bumi, kluster, analisis pola spasial, SIG, Provinsi Aceh

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN SEISMISITAS DAN PERIODE ULANG GEMPA BUMI DI ACEH (Rahmad Tauladani, 2015)

ANALISIS AUTOKORELASI SPASIAL DAN PERHITUNGAN PERIODE ULANG GEMPA BUMI ACEH DAN SEKITARNYA MENGGUNAKAN METODE MAKSIMUM LIKELIHOOD (JUMILA, 2018)

ANALISIS WILAYAH GEMPA BUMI DI PROVINSI ACEH BERDASARKAN TINGKAT KEAKTIFAN GEMPA TAHUN 1921-2014 (LINDA WAHYUNA, 2016)

ANALISIS STATISTIK SEISMISITAS WILAYAH SUMATERA (TAHUN 1914 - 2014) (WARNI ASNITA, 2015)

PENENTUAN MODEL KECEPATAN LOKAL 1-D DAN RELOKASI GEMPA SUSULAN PIDIE JAYA 2016 UNTUK MEMPELAJARI SESAR PIDIE JAYA (NANI AMEL LIA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy