//

UIN AR-RANIRY SUATU TINJAUAN TENTANG: LATAR BELAKANG DAN PERKEMBANGAN (1963-2016)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LORA SANDITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Latar belakang, Perkembangan, Kesesuaian Penelitian yang berjudul “UIN Ar-Raniry: Suatu Tinjauan Tentang Latar belakang dan Perkembangan (1963-2016)”, bertujuan untuk menganalisis latar belakang berdirinya UIN Ar-Raniry, perkembangan UIN Ar-Raniry serta kesesuaian antara latar belakang dengan perkembangan sejak pertama kali bedirinya (1963) sampai sekarang. Universitas Islam Negeri (UIN) merupakan suatu lembaga perguruan tinggi yang menggunakan Islam sebagai landasan kurikulum dalam disiplin ilmunya namun masih bersifat universal. Sementara Institut Agama Islam Negeri (IAIN) merupakan suatu perguruan tinggi Islam yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam disiplin ilmu keagamaan Islam. Adapun pendekatan dalam penelitian ialah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode sejarah kritis (historis). Teknik pengumpulan data (heuristik) yang digunakan ialah dengan cara mengumpulkan sumber primer dan sekunder, sementara teknik analisa data menggunakan kritik sumber (verifikasi) dan teknik penulisan mengunakan sitematika historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdirinya IAIN/UIN Ar-Raniry tidak dapat dipisahkan dari keinginan masyarakat untuk memiliki sebuah lembaga pendidikan yang khusus mendalami ilmu keislaman. Namun dalam perkembanganya muncul perencanaan atau ide untuk menjadikan IAIN ke UIN. Rencana ini sudah disinggung sejak masa rektor ketujuh (VII) yaitu Prof. Dr. H. Safwan Idris, MA (1995-2000) dan baru terealisasi pada tahun 2013 yaitu pada masa rektor ke X (Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA) maka berdasarkan Peraturan presiden No. 64 tahun 2013 dan Peraturan Menteri Agama No. 12 tahun 2014 IAIN Ar-Raniry resmi menjadi Universitas. Walaupun ide peru/bahan status ini sempat mengalami pro dan kontra. Perkembangan UIN Ar-Raniry terus berkembang sejak awal berdirinya hingga saat ini baik dari segi pembangunan, jumlah mahasiswa, jumlah dosen maupun jumlah karyawannya dan mutu pendidikanya. Hal ini terjadi dikarenakan minat dan daya tarik masyarakat atas kemajuan UIN yang telah mampu menunjukkan konstribusinya sebagai jantung hati rakyat Aceh. Namun kendati demikian untuk mencapai kemajuan ini tidaklah semudah yang dibayangkan sebab dalam proses menjadi Universitas misalnya, telah terjadi pro kontra dalam pencapaian status baru ini, namun dalam perkembangan selanjutnya, pihak pro ternyata dapat meyakinkan bahwa apa yang dicita-citakan dahulu tidak akan dihilangkan dan tetap akan dipertahankan sebagai ciri khas universitas ini sebagai lembaga pendidikan Islam di Aceh walaupun kenyataannya telah bersifat universal (umum).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PENGUSAHA TAILOR DENGAN MANAJEMEN USAHA BUSANA DI KOTA SIGLI KABUPATEN PIDIE (Nina Nismaya, 2017)

PEDAGANG KAKI LIMA DI PASAR PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH (SUATU TINJAUAN HISTORIS TAHUN 2003 - 2015) (Rizki Noviyuanda, 2018)

PERBEDAAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN FORMAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 31 BANDA ACEH (Lisa Nadiya, 2014)

PENGARUH PENGETAHUAN DEWAN TENTANG ANGGARAN, LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN BUDAYA POLITIK TERHADAP PELAKSANAAN FUNGSI DEWAN DALAM PENGAWASAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) (STUDI PADA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT ACEH) (Mardiana, 2017)

PERKEMBANGAN ORGANISASI PEMUDA PANCASILA DI KOTA BANDA ACEH TAHUN 1984-2016 (Syahrul Indra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy