//

SIKAP DAN PERILAKU PETERNAK SAPI ACEH DALAM UPAYA PENGENDALIAN BRUCELLOSIS DI LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AFNAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian sikap dan perilaku peternak sapi aceh dalam upaya pengendalian brucellosis di Lembah Seulawah Aceh Besar ini dilakukan selama tiga bulan dimulai pada bulan November 2015 hingga Januari 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku dan sikap peternak sapi terhadap pengendalian penyakit brusellosis, menyusun strategi pencegahan penyakit brucellosis dan untuk mengetahui apakah kawasan lamtamot, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar merupakan lokasi usaha peternakan yang prospek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Penentuan sampel peternak secara purposive random sampling dan pengambilan data menggunakan teknik wawancara serta kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis SWOT untuk menformulasikan strategi dalam upaya pengendalian brucellosis di Lembah Seulawah, Aceh Besar. Berdasarkan penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa sikap peternak di kawasan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar terhadap upaya pengendalian penyakit brusellosis masih pada kategori cukup, perilaku peternak dan cara pemeliharaan masih sangat rendah. Strategi pengendalian penyakit brusellosis di Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar adalah; menerapkan sistem kandang dalam pemeliharaan sapi aceh, rekam jejak (traceability) dan menjamin kualitas hasil ternak, mengembangkan rantai penyaluran dan pusat informasi pasar ternak guna mendongkrak penjualan, pembuatan regulasi pengembalaan guna menghindari konflik antara petani dan peternak, pembuatan bendungan air guna mengantisipasi musim kemarau serta pendampingan dan penyuluhan secara kontinue kepada kelompok peternak guna mengantisipasi pengendalian penyakit brusellosis. Usaha peternakan di kawasan Lembah Seulawah sangat prospek dikembangkan, namun diperlukan perhatian Pemerintah Daerah dalam pengembangan dan pemasaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KONDISI FAALI SAPI PERAH PERANAKAN FRIES HOLLAND (PFH) DI PETERNAKAN RAKYAT DESA SUKA MULYA KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI ACEH (Muhammad Junaidi, 2016)

KAJIAN PERILAKU PETERNAK UNGGAS DALAM UPAYA PENGENDALIAN PENYAKIT AVIAN INFLUENZA DI KOTA BANDA ACEH (AZWARI, 2016)

STUDI CROSS-SECTIONAL DISTRIBUSI BRUCELLOSIS PADA TERNAK SAPI BANTUAN MILIK KELOMPOK TANI DI KABUPATEN ACEH BESAR DAN KABUPATEN ACEH JAYA (TEUKU ZULFADHLI, 2015)

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Akbar Maulana, 2018)

KAJIAN SISTEM PEMELIHARAAN TERHADAP PRODUKSI SUSU SAPI PERANAKAN FRIES HOLLAND (PFH) DI PETERNAKAN RAKYAT DESA SUKA MULYA KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Ahmad Fadhli, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy