//

USAHA PEREMPUAN JANDA YANG BERSTATUS CERAI DALAM MENYEKOLAHKAN ANAK DI KECAMATAN DARUL MAKMUR, NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Dariati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Usaha merupakan suatu tindakan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Usaha yang dilakukan perempuan janda yaitu dalam peningkatan ekonomi keluarga, jaminan pendidikan, kesehatan dan keselamatan keluarga. Sebagai Single Parent Mother yang harus menggantikan peran suami sebagai kepala keluarga, pengambilan keputusan, pencari nafkah disamping perannya mengurus rumah tangga, membesarkan, membimbing dan memenuhi kebutuhan anak karena banyak sekali pekerjaan yang dikerjakan tidak terlepas dari masalah, seperti permasalahan ekonomi, permasalahan sosial, pola asuh anak, dan permasalahan emosi. Tujuan penelitian ini ialah untuk menemukan usaha yang dilakukan perempuan janda dalam menyekolahkan anak sampai keperguruan tinggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah perempuan janda yang telah bercerai dari suaminya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan studi perpustakaan. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif kualitatif berdasarkan wawancara yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: Pertama, Usaha perempuan janda yang dilakukan seperti bekerja di PT, membuka kios-kios kecil dan menjual hasil panen dari kebun. Kedua, hambatan yang dialami perempuan janda tersebut seperti kekurangan biaya dan tidak dapat memenuhi semua keinginan anak. Ketiga, dari berbagai usaha dan hambatan yang dialami oleh perempuan janda tersebut terdapat upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan seperti mencari penghasilan tambahan, meminjam uang kepada tetangga dan saudara, dan menghemat uang yang ada. Simpulan penelitian ini adalah bahwa keberhasilan dari usaha perempuan janda dalam menyekolahkan anak membutuhkan strategi dan manajemen khusus agar semuanya berjalan sesuai dengan yang di inginkan, agar dapat mewujudkan keinginan anak sebagai cita-cita yang akan dicapai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

USAHA PEREMPUAN JANDA YANG BERSTATUS CERAI DALAM MENYEKOLAHKAN ANAK DI KECAMATAN DARUL MAKMUR, NAGAN RAYA (Sri Dariati, 2016)

KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA SMA NEGERI 3 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Damharius, 2014)

KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI PADA SISWA SMP NEGERI 6 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Marlina, 2014)

PERBEDAAN KEMAMPUAN LARI JARAK PENDEK ANTARA MURID SD NEGERI UPT II SEUNEUAM DENGAN MURID SD NEGERI KARANG ANYER KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (ADHARI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy