//

FORMULASI MASKER RAMBUT ANTIKETOMBE EKSTRAK ETANOL SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) DENGAN KITOSAN SEBAGAI EMULGATOR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Saika Juana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Formulasi masker rambut antiketombe ekstrak etanol seledri (Apium graveolens L.) dengan kitosan sebagai emulgator telah dilakukan yang bertujuan untuk menentukan stabilitas sediaan masker rambut yang meliputi uji organoleptis, homogenitas, daya sebar, pH dan viskositas. Ekstrak etanol seledri diperoleh menggunakan metode maserasi dan dipekatkan menggunakan rotary evaporator. Hasil karakterisasi menunjukkan ekstrak etanol seledri mengandung kadar air 22,8±1,429%, kadar sari larut air 82,8±2,339%, kadar sari larut etanol 56,5±1,601% dan kadar abu 32,1±0,085%. Hasil skrining fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak etanol seledri mengandung flavonoid, tanin, saponin dan steroid. Sediaan masker rambut diformulasikan menggunakan ekstrak etanol seledri 1% sebagai bahan aktif. Emulgator yang digunakan dalam penelitian ini adalah kitosan yang divariasikan konsentrasinya, 0,5% (F1) dan 1% (F2). Sediaan masker rambut dibuat dengan metode penggerusan dan menghasilkan sediaan dengan tampilan fisik berwarna krem, berbentuk semi padat dan berbau khas lemon. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kitosan pada sediaan masker rambut mempengaruhi nilai daya sebar, pH dan viskositas. Penentuan stabilitas sediaan masker rambut menggunakan metode cycling test (stabilitas dipercepat) dan penyimpanan pada suhu kamar selama 12 hari. Hasil cycling test menunjukkan sediaan masker rambut mengalami pemisahan fase (cracking) pada siklus 1 sehingga menyebabkan sediaan mengalami perubahan bentuk, warna, bau dan viskositas. Sediaan yang disimpan pada suhu kamar selama 12 hari menyebabkan sediaan mengalami perubahan homogenitas. Nilai daya sebar dan pH sediaan masker rambut F1 dan F2 stabil pada penyimpanan suhu kamar selama 12 hari. kata kunci: ekstrak etanol seledri, masker rambut, kitosan, uji stabilitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (Wira Stary Rukmana, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI STRES LISTRIK (Fara Meutia, 2015)

PEMBUATAN PUPUK SLOW RELEASE (MG(NO3)2.6H2O DENGAN MATRIKS ABU SEKAM PADI + SAGU + KITOSAN) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS) (Syahlidayani, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH CAIR TAHU DAN PEMBERIAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR FLAVONOID PADA SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L.) (CUT PUTRI AMALYA, 2017)

ANALISIS PENDAPATAN DAN PRODUKTIVITAS SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS L) PADA USAHATANI DI DESA CUCUM KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Muhammad Munawir, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy