//

PERKIRAAN POTENSI GIGITAN ANJING DAN TINGKAT KESADARAN DENGAN PARTISIPASI PEMILIK TERHADAP PENGENDALIAN RABIES DI KECAMATAN PADANG GANTING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Taufikah Rahmah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan menghitung perkiraan populasi anjing dan mengetahui tingkat pengetahuan pemilik anjing terhadap resiko rabies pada 4 Jorong di Kecamatan Padang Ganting. Responden penelitian adalah masyarakat di 4 Jorong Kecamatan Padang Ganting yang memelihara anjing di rumahnya dan bersedia diwawancarai. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk survei lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancara masyarakat yang memelihara anjing dengan menggunakan form dan kuesioner terstruktur. Pengambilan data terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer adalah perbandingan rasio populasi anjing terhadap luas wilayah, jumlah kepala keluarga, jumlah pemilik, dan jenis kelamin. Data sekunder diambil dari dinas peternakan dan perikanan Kabupaten Tanah Datar. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian didapatkan bahwa populasi anjing di 4 jorong yaitu jorong Koto Gadang Hilir, Koto Alam, Koto Gadang, Rajo Dani adalah 140 ekor, 117 ekor, 124 ekor, 115 ekor. Terdapat perbedaan antar jorong perbandingan antara jumlah KK (Kepala Keluarga) dengan pemilik anjing, jumlah KK dengan anjing, jumlah anjing dengan pemilik anjing, luas wilayah dengan anjing, anjing jantan dan betina, anjing jantan dengan pemilik anjing, anjing betina dengan pemilik anjing. Responden pada umumnya memelihara lebih dari satu ekor anjing dengan pola pemeliharaan dikandangkan, tujuan pemeliharaan anjing adalah sebagai anjing pemburu dan diberi vaksinasi. Dari penelitian ini juga diketahui pengetahuan pemilik terhadap resiko rabies di Kecamatan Padang Ganting tergolong kategori baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PEMILIK DALAM MEWASPADAI GIGITAN ANJING HEWAN PENULAR RABIES (HPR) DI EMPAT KECAMATAN KOTA JAMBI (Hardianti Purnama Sari, 2015)

STUDI KETERKAITAN SOSIO-DEMOGRAFI PEMILIK DAN SOSIO-EKOLOGI ANJING DENGAN PENINGKATAN KASUS GIGITAN BERPOTENSI RABIES DI KABUPATEN BENER MERIAH (Agus Nurza Zulkarnain, 2016)

KAJIAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP PENCEGAHAN PENYAKIT RABIES DI KECAMATAN KUTA PANJANG KABUPATEN GAYO LUES (Saiful, 2018)

PERBEDAAN PENYAMPAIAN INFORMASI ANTARA MEDIA LEAFLET DAN PENYULUHAN TERHADAP KEWASPADAAN GIGITAN ANJING PENULAR RABIES PADA SISWA SMP DI KABUPATEN BENER MERIAH (WILDA HANIFA, 2018)

STUDI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGENDALIAN PEMANFAATAN TATA RUANG KOTA DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RD. CECEP YUDHIE ERBA WINATA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy