//

HUBUNGAN ANTARA HEALTH LOCUS OF CONTROL DENGAN KEPATUHAN PENGOBATAN PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Auliya Yuliyandri Ansari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gagal ginjal kronis ( GGK) merupakan penurunan struktur maupun fungsi ginjal dalam tubuh secara menetap hingga keadaan ginjal tidak mampu menopang kehidupan tanpa adanya pengobatan. Salah satu pengobatan bagi penderita GGK yaitu terapi hemodialisis. Setiap penderita GGK yang menjalani terapi hemodialisis dituntut memiliki kepatuhan pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara health locus of control dengan kepatuhan pengobatan pada penderita GGK yang menjalani terapi hemodialisis di RSUDZA Banda Aceh. Alat ukur yang digunakan adalah Multidimensional Health Locus of Control Scale, God Locus of Health Control Scale, dan Angket Kepatuhan Pengobatan. Sampel penelitian yaitu 66 subjek (44 laki-laki dan 22 perempuan) dengan rentang usia 40–60 tahun, yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat 12 subjek borientasi internal health locus of control; 19 subjek berorientasi powerfull others health locus of control; 17 subjek berorientasi chance health locus of control; dan 18 subjek berorientasi God locus of health control. Hasil uji analisis menunjukkan bahwa internal health locus of control dengan kepatuhan pengobatan memiliki nilai signifikansi ()=0,85; powerfull others health locus of control dengan kepatuhan pengobatan dengan nilai signifikansi ()=0,51; chance health locus of control dengan kepatuhan pengobatan memiliki nilai signifikansi ()=0,51; dan God locus of health control dengan kepatuhan pengobatan memiliki nilai signifikansi ()=0,89, dimana >0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara dimensi health locus of control dengan kepatuhan pengobatan pada penderita GGK yang menjalani terapi hemodialisis di RSUDZA Banda Aceh. Kata kunci: Health Locus of Control, Kepatuhan Pengobatan, Penderita Gagal Ginjal Kronis, Hemodialisis

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Nadya Syahana, 2015)

HUBUNGAN HEALTH LOCUS OF CONTROL DENGAN KEPATUHAN PENGOBATAN PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SRI INTAN KHAIRUNNISA, 2018)

HUBUNGAN DIABETES MELLITUS DAN NON DIABETES MELLITUS DENGAN SURVIVAL RATE PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH PERIODE 2011-2015 (Nurul Fitria, 2017)

HUBUNGAN PERAN PERAWAT PELAKSANA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (RIDHA MUTIA, 2015)

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy