//

PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PABRIK TAHU-TEMPE GARUT, KEC. DARUL IMARAH KAB. ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Widya Mulyana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Perhitungan Harga Pokok Produksi Tahu-Tempe Penelitian ini berjudul “Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Pabrik Tahu-Tempe Garut, Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar”. Penelitian ini mengangkat tentang perhitungan biaya-biaya yang berkenaan dalam proses produksi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perhitungan harga pokok produksi dalam mengelola biaya-biaya produksi, untuk melihat hasil penjualan yang dilakukan oleh perusahaan dan laba bersih yang didapatkan pada Pabrik Tahu-Tempe Garut, Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar. Objek dalam penelitian ini adalah data tentang pengeluaran untuk pembelian biaya bahan baku, upah tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik, yaitu biaya-biaya lain yang diperlukan dalam menghasilkan tahu-tempe, sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pemilik dan karyawan usaha Pabrik Tahu-Tempe Garut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan melakukan penelitian keperpustakaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu mengolah data untuk memperoleh data berbentuk angka dan menjelaskan serta menggambarkan fenomena-fenomena yang akan diteliti. Teknik analisis data dengan menggunakan persamaan akuntansi yaitu Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Pendekatan full Costing, rumus menghitung hasil penjualan, dan harga pokok penjualan. Hasil penelitian menunujukkan Biaya-biaya produksi yang di keluarkan oleh perusahaan Pabrik Tahu-Tempe Garut Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar selama sebulan yaitu meliputi biaya bahan baku untuk kacang kedelai sebesar Rp. 72.000.000 dan bahan penolong sebesar Rp.600.000, biaya tenaga kerja langsung sebesar Rp. 9.000.0000, biaya overhead pabrik variabel sebesar Rp. 22.258.333 dan untuk overhead pabrik tetap perusahaan mengeluarkan biaya sebesar Rp. . 1.479.167. Jadi perhitungan harga pokok produksi perbulan pada Pabrik Tahu-Tempe Garut adalah sebesar Rp. 105.337.500. Hasil penjualan per bulan yang dilakukan oleh Pabrik Tahu-Tempe Garut Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar yaitu sebesar Rp. 126.750.000, dan Laba bersih per bulan yang diperoleh perusahaan Pabrik Tahu-Tempe Garut Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar adalah sebesar Rp. 20.373.500.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN PENERAPAN METODE FULL COSTING PADA UMKM KOTA BANDA ACEH (Mifta Maghfirah, 2016)

MANAJEMEN PRODUKSI TAHU PADA PABRIK AYAM JAGO DESA ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD SHADIQIN, 2017)

ANALISIS KEUANGAN DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN KEDELAI PADA PABRIK AYAM JAGO DESA ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (ICHWANDI, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS SISWA SMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR (Zaini Fuza, 2014)

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA RNFAI & SYA BANDA ACEH (Pocut Dwina Indah Putri, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy