//

HUBUNGAN MINUM KOPI TERHADAP TEKANAN DARAH BERDASARKAN JENIS KELAMIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUCHSALMINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sebagian besar orang saat ini merasa bahwa mereka belum bisa memulai kegiatan tanpa kafein dalam secangkir kopi. Kopi diketahui memiliki manfaat positif dan juga negatif pada tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan perbedaan tekanan darah sistolik dan diastolik pada pria dan wanita, sebelum dan sesudah pemberian kopi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain studi preeksperimen one group pre and post test. Hasil pengamatan akan dianalisa menggunakan uji t berpasangan dan uji t bebas. Sampel adalah Mahasiswa/i Pindidikan Dokter Unsyiah yang berjumlah 90 orang. Dilihat dari jenis kelaminnya didapatkan bahwa untuk sampel penelitian yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan jumlahnya adalah sama yakni sebanyak 45 responden penelitian (50%). Berdasarkan hasil statistik terdapat terdapat hubungan (p=0.00) antara kopi dengan tekanan darah sistol sebelum dan sesudah pemberian minuman kopi, hasil berikutnya terdapat hubungan (p=0.00) antara kopi dengan tekanan darah diastol sebelum dan sesudah pemberian kopi. Hasil terakhir adalah terdapat hubungan (p=0.02) antara jenis kelamin terhadap tekanan darah sistol 15 menit, namun tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin dengan tekanan darah sistol 45 menit (p=0.98), diastol 15 menit (p=0.68) dan juga diastol 45 menit (p=0.19). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ternyata ada hubungan dan perbedaan tekanan darah sistolik dan diastolik pada pria dan wanita, sebelum dan sesudah pemberian kopi. Kata Kunci: Kopi, jenis kelamin, tekanan darah, hipertensi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KESTABILAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLI JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Halbar August Kanda, 2014)

DEMOGRAFI USIA, JENIS KELAMIN, DAN KLINIS TEKANAN DARAH PASIEN GAGAL JANTUNG SISTOLIK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (LIYA HARNINGSIH, 2016)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TEKANAN DARAH PADA SISWA SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Oktavian Armanda, 2018)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN TEKANAN DARAH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Siti Rahmah, 2018)

GAMBARAN TEKANAN DARAH DIASTOLIK PADA INDIVIDU KATEGORI BERAT BADAN LEBIH (OVERWEIGHT) DALAM RENTANG USIA 30 SAMPAI 50 TAHUN DI KOTA BANDA ACEH (Akmal Sujudi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy