//

EFEK PEMBERIAN EKSTRAK SIPATAH-PATAH (CISSUS QUADRANGULARIS SALISB) PADA DENSITAS TULANG FEMUR TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS)MODEL OVARIEKTOMI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Debby Novita Ayumi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian ekstrak tanaman sipatah-patah terhadap gambaran histopatologi tulang femur tikus putih yang diovariektomi. Hewan coba yang digunakan sebanyak 12 ekor tikus putih yang dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan dengan 3 ulangan. K0 adalah tikus yang diovariektomi tanpa diberikan ekstrak sipatah-patah (ESP); K1, K2, dan K3 adalah tikus yang diovariektomi dan diberikan ekstrak sipatah-patah dengan dosis bertingkat 500 mg/kg BB, 700 mg/kg BB, dan 900 mg/kg BB selama 30 hari. Pada hari ke-31 tikus dieutanasia menggunakan kloroform dan diambil os femur lalu dibuat preparat histologi. Pada tikus kelompok K0 terjadi penurunan densitas tulang yang ditandai dengan penipisan struktur trabekula, sel osteoklas ditemukan sangat banyak di tepi trabekula, serta densitas osteoblas aktif dan osteoblas pasif yang lebih rendah. Tikus kelompok K1 dan K2 memperlihatkan perbaikan stuktur trabekula, osteoklas yang lebih rendah dibandingkan dengan K0, disertai dengan adanya osteoblas aktif walaupun masih banyak terlihat osteoblas pasif sedangkan kelompok tikus K3 terlihat perbaikan struktur trabekula yang paling padat dan kompak dengan densitas sel osteoblas aktif yang paling banyak dibandingkan dengan kelompok lain. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak sipatah-patah dosis 900 mg/kg BB menunjukkan densitas trabekula dan osteoblas aktif yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, K1 dan K2 pada tulang femur tikus putih yang diovariektomi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK PEMBERIAN EKSTRAK SIPATAH-PATAH (CISSUS QUADRANGULARIS SALISB) PADA DENSITAS TULANG FEMUR TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS)MODEL OVARIEKTOMI (Debby Novita Ayumi, 2016)

EFEK TOKSIK PEMBERIAN EKSTRAK BATANG SIPATAH-PATAH (CISSUS QUADRANGULA SALISB.) TERHADAP GAMBARAN HISTOLOGIS HATI DAN GINJAL MENCIT (Saslina Fitri, 2016)

PEMBERIAN EKSTRAK TANAMAN SIPATAH-PATAH (CISSUS QUADRANGULA SALIBS) TERHADAP GAMBARAN HISTOLOGIS DAN DENSITAS TULANG LIMBAL TIKUS (RATTUS NORVEGICUS)YANG DIOVARIEKTOMI (Dwi Fefridayanti, 2014)

PENGARUH EKSTRAK ETANOL BATANG SIPATAH-PATAH (CISSUS QUADRANGULA SALISB.) TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT (MUS MUSCULUS) (Gita Pratiwi, 2016)

TINGKAT KEPADATAN TULANG VERTEBRAE LUMBAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) OVARIEKTOMI YANG DIBERI EKSTRAK SIPATAH-PATAH (CISSUS QUADRANGULARIS SALISB) (Putri Dewi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy