//

HUBUNGAN MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA SMK N 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Novita Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Eka Novita Sari. 2016. Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Produktif Siswa SMK Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Fitriana, M.Si., (2) Dra. Rosmala Dewi, M.Pd Kata kunci: Minat, berwirausaha, prestasi belajar, Siswa SMK Berwirausaha atau menjadi tenaga kerja industri merupakan tujuan utama setalah lulus dari SMK, dengan prestasi belajar yang diperoleh siswa dari beberapa mata pelajaran produktif akan mewujudkan tujuan utama tersebut. Penelitian yang berjudul “ Hubungan Minat Berwirausaha dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa SMK Negeri 3 Banda Aceh” bertujuan untuk mengetahui 1) Hubungan antara minat berwirausaha dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa SMK Negeri 3 Banda Aceh dan 2) Nilai korelasi antara minat berwirausaha dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa SMK Negeri 3 Banda Aceh. Responden dalam penelitian ini berjumlah 37 orang siswa yang dilakukan secara purposive sampling, dengan kriteri sudah mengikuti semua mata pelajaran produktif yang terdapat dalam kurikulum SMK, oleh karena itu responden yang dipilih oleh penulis siswa kelas 3 yang terdapat di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi dan menggunakan 2 tehnik pengumpulan data yaitu: 1) menggunakan angket skala likert; 2) pendataan nilai hasil belajar mata pelajaran produktif kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus product moment.Hasil dari uji linieritas data antara variabel X dan Y menunjukkan bahwa persamaan regresi berpolar linier, sehingga hubungan respon minat berwirausaha dengan prestasi belajar berbentuk garis lurus dan hasil pengujian keberartian regresi variabel X dan Y independen (tidak signifikan). Jadi, dapat dinyatakan bahwa hasil pengujian dalam penelitian ini dengan hipotesis “Terdapat hubungan yang sigsifikan antara minat berwirausaha dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa SMK Negeri 3 Banda Aceh” tidak diterima. Dengan kata lain, tidak terdapat hubungan yang sigsifikan antara minat berwirausaha dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif pada siswa kelas 3 SMK Negeri 3 Banda Aceh. Disarankan kepada siswa terutama yang sudah menjadi responden dalam penelitian ini, setelah lulus dari SMK agar mengembangkan ilmu yang telah diperoleh melalui jenjang karir tenaga kerja tingkat menengah maupun mandiri, membuka usaha sendiri atau berwirausaha, sehingga tujuan utama dari SMK dapat terwujud dan bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain serta dapat mengurangi jumlah pengangguran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KORELASI ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS IV DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (cut nurul fakhinah, 2013)

HUBUNGAN ANTARA MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN PEROLEHAN NILAI MATA KULIAH PRAKTEK KERJA INDUSTRI (Rozatul Ulmi , 2016)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Alqinafaizi, 2015)

KESESUAIAN MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN DENGAN JURUSAN YANG DITEKUNINYA (Vitra srianti, 2014)

PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMK SMTI BANDA ACEH (juli hardiyanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy