//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL TRHOWING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Satria Wati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Wati, Satria. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Trhowing Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Sakdiyah, M.Si., (2) Nana Suraiya, S.Pd M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Snowball Trhowing, Hasil Belajar Dalam mengelola suatu kegiatan belajar mengajar, dikenal beberapa macam model pembelajaran salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif, dimana di dalam prosesnya siswa belajar secara berkelompok yang di pimpin oleh guru, dan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif adalah Snowball Trhowing. Penelitian ini berupaya mengungkapkan tentang peningkatan hasil belajar siswa kelas X3 di SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterampilan guru dalam mengelola penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Trhowing dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas X3 SMAN 10 Fajar Harapan, (2) peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi di kelas X3 SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Trhowing dan (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Trhowing pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X3 SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian eksperiman dengan desain Pree Test Dan Post-Test One Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan angket. Teknik observasi dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung, dalam hal ini peneliti bertindak sebagai guru dan guru mata pelajaran yang bersangkutan bertindak sebagai observer dengan di dampingi oleh dosen pembimbing. Sedangkan hasil tes (evaluasi) dan pengisisan angket dilakukan oleh siswa. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dan mendapat kategori sangat baik. Selain keterampilan guru, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Dimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kedua, hasil belajar siswa mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan hasil belajar yang diperoleh siswa sebelum pembelajaran. Ketiga, dari segi respon yang diberikan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Trhowing, siswa merasa senang terhadap model pembelajaran tersebut. Simpulan penelitian ini adalah bahwa keberhasilan suatu pembelajaran tidak hanya semata-mata berorientasi pada nilai maksimal yang diperoleh siswa. Tetapi juga mengacu pada proses pembelajaran dalam mencapai nilai maksimal tersebut, diantaranya adalah teknik yang dilakukan oleh guru dalam mengelola proses pembelajaran, keaktivan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, dan terutama siswa mengikuti prosesnya dengan gembira karena prosesnya yang menyenangkan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ANNA FITRIA, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BATUAN DI KELAS V SD NEGERI 20 BANDA ACEH (fulfita musliana, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALITY (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR. (Ryan Nova Pahlawan, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (salawati, 2013)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUKMENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (Silvia Srifuji Ys, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy