//

HUBUNGAN BERMAIN DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aina Fitri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bermain merupakan salah satu aktivitas dimana anak dapat melakukan atau mempraktekkan keterampilan, memberikan ekspresi terhadap pemikiran, dan menjadi kreatif. Banyak orang tua menganggap bermain hanya sekedar untuk kesenangan, sehingga masa bermain anak tidak perlu mendapat perhatian secara khusus, dan bermain dianggap hanya buang-buang waktu saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan bermain dengan perkembangan anak usia prasekolah di PAUD Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study dengan populasi berjumlah 389 yaitu anak usia prasekolah dan ibunya, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode probability sampling dengan tehnik proporsional random sampling dengan jumlah sampel 88 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Metode analisa data dilakukan dengan univariat dan bivariat (uji statistik Chi-square). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan bermain dengan perkembangan anak (p-value 0,000). Secara khusus ada hubungan permainan praktik dengan perkembangan anak (p-value 0,003), ada hubungan permainan pura-pura/simbolis dengan perkembangan anak(p-value 0,000), ada hubungan permainan sosial dengan perkembangan anak (p-value 0,000), ada hubungan permainan konstruktif dengan perkembangan anak (p-value 0,000), ada hubungan permainan games dengan perkembangan anak(p-value 0,002) usia Prasekolah di PAUD Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Diharapkan kepada orang tua dapat bermain bersama anak seperti bermain bola bersama yang dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan anak, agar anak dapat berkembang sesuai dengan tugas perkembangannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERAN AYAH DALAM STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (MAULIDA NURLIZA, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI MOTORIK HALUS DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI KECAMATAN LHOKNGA (NOVI INTAN MELANI, 2016)

GAMBARAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK PRASEKOLAH SESUAI KARAKTERISTIK KELUARGA DI PAUD IT AL-AZHAR LAMGUGOP BANDA ACEH (SALVINA, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN SOSIAL EKONOMI ORANG TUA SERTA GIZI ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DI PAUD NURUL IMAN KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (Khaliza Maulina, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI GAMPONG PEURADA BANDA ACEH TAHUN 2012 (FITRI WULANDARI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy