//

GAMBARAN STRESSOR GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irmawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Stressor guru merupakan kondisi dimana seseorang mengalami banyaknya tuntutan tugas menyebabkan guru sering mengalami rasa bosan, jenuh, dan juga mengakibatkan stres. Tujuan umum dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran stressor guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif naratif dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA di Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh berjumlah 37 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode total sampling, dengan alat ukur adalah kuesioner. Teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: gambaran stressor guru SMA ditinjau dari hubungan guru dengan siswa berada pada kategori tinggi 24 orang (64,9%), hubungan guru dengan rekan kerja berada pada kategori rendah 20 orang (54,1%), hubungan guru dengan orang tua dan masyarakat berada pada kategori tinggi 22 orang (59,5%), manajemen sekolah dan administrasi berada pada kategori tinggi 27 orang (73,0%), lingkungan sekolah berada pada kategori rendah 22 orang (59,5%), persepsi dan perasaan pribadi berada pada kategori tinggi 21 orang (56,8%). Dari hasil penelitian maka diharapkan untuk pihak sekolah untuk meningkatkan motivasi guru, melakukan pendekatan individu, berkomunikasi lebih lancar, keterlibatan guru terhadap keputusan, menciptakan program pengembangan serta menerapkan reward dan punishment. Kata kunci : stressor, guru, siswa, rekan kerja, masyarakat, sekolah, persepsi dan perasaan pribadi. Daftar Bacaan : 26 Buku (2001-2014) + 9 jurnal (2010-2015) + 1 Skripsi (2013) + 1 Thesis (2011)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PROFESIONALISME DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SMP NEGERI SE-KECAMATAN KUTA BARO (M. Sannusy, 2016)

FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN PRAKTIKUM DALAM PROSES BELAJAR BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN KUTABARO KABUPATEN ACEH BESAR (Riza Elvira Rosa, 2014)

KEMAMPUAN PENGELOLAAN LABORATORIUM FISIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH (MELISMAYANTI, 2014)

HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP INDEKS DMF-T SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN UKGS (STUDI PADA SDN 20 KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (suci mentari, 2016)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO PENYAKIT JANTUNG PADA USIA PERTENGAHAN (MIDDLE AGE)DI DESA KUTA ALAM KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rosi Hariani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy