//

PERAN IBU DALAM UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DI GAMPONG ALUE DEAH TEUNGOH KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hayyuni Khalida - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kasus kekerasan seksual yang dialami anak usia sekolah semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini dapat terjadi karena faktor ekonomi, rendahnya moralitas dan mentalitas pelaku, serta kurangnya pengawasan dari ibu, sehingga sangat dibutuhkan peran ibu yang sesuai untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual pada anak. Pada bulan Maret 2016 telah tejadi satu kasus kekerasan seksual pada anak usia sekolah di Gampong Alue Deah Teungoh Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ibu dalam upaya pencegahan kekerasan seksual terhadap anak usia sekolah di Gampong Alue Deah Teungoh Kecamatan Meuraxa Banda Aceh yang ditinjau dari peran ibu sebagai pengambil keputusan, pendidik, konselor dan pengasuh.Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 127 ibu yang mempunyai anak usia sekolah (6-12 tahun). Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 17-19 juni 2016dengan menggunakan angket dan wawancara terpimpin sebanyak 32 item pernyataan dengan tiga pilihan jawaban. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa univariat.Hasil penelitian menemukan mayoritas responden menyatakan peran ibu dalam upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak usia sekolah berada pada kategori baik(55,9%).Saran peneliti bagi ibu yang memiliki anak usia sekolah diharapkan agar lebih aktif dalam mencari informasi mengenai pencegahan kekerasan seksual pada anak dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan anak yang berkarakter kuat sehingga terhindar dari kekerasan seksual. Kata Kunci : Peran Ibu, Pencegahan Kekerasan Seksual, Anak Usia Sekolah. Sumber bacaan: 19 buku + 4 buku ajar + 14 Jurnal penelitian + 1 web (1993-2015).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA ALUE DEAH TEUNGOH, DESA DEAH BARO DAN DESA BLANG OI) DI KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH (Janu Is Aryanto, 2016)

KINERJA PANITIA PENGAWAS PEMILU PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 ( STUDI KASUS : PELANGGARAN ADMINISTRASI DAN MONEY POLITICS DI GAMPONG ALUE DEAH TEUNGOH, KECAMATAN MEURAXA DAN GAMPONG LAMPASEH KOTA, KECAMATAN KUTA RAJA, KOTA BANDA ACEH). (Yuni Rahayu, 2015)

STRATEGI PENCEGAHAN TINDAKAN KEKERASAN TERHADAP ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANDA ACEH (Fiyki Amelia, 2017)

UPAYA PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) DALAM MENANGANI TINDAKAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DI KOTA BANDA ACEH (Almut Sirah, 2017)

TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK YANG DILAKUKAN OLEH PEREMPUAN (SUATU PENELITIAN DI POLRESTA BANDA ACEH) (SYAHREZA FAHLEVI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy