//

HUBUNGAN ANTARA DERAJAT MEROKOK DAN KADAR NIKOTIN YANG TERLABEL PADA ROKOK DENGAN LAJU ALIRAN SALIVA DAN PH SALIVA PADA PRIA PEROKOK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTIARA RIZKI WARDANI SURBAKTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Rongga mulut merupakan bagian dari tubuh yang paling awal terpapar oleh asap rokok dimana hal ini dapat mempengaruhi saliva yang berfungsi sebagai cairan biologis untuk mempertahankan keseimbangan rongga mulut. Asap rokok yang mengandung nikotin dapat mengakibatkan perubahan laju aliran saliva dan pH saliva. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara derajat merokok dan kadar nikotin yang terlabel pada rokok dengan laju aliran saliva dan pH saliva pada pria perokok. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yang melibatkan 40 orang pria perokok. Penelitian ini dilakukan dengan pengisian kuisioner mengenai riwayat kebiasaan merokok dan pengumpulan saliva dengan metode spitting selama 5 menit. Hasil analisis menggunakan uji korelasi Pearson menunjukkan hubungan antara derajat merokok dengan laju aliran saliva (r=0,486), (p=0,001),hubungan antara derajat merokok dengan pH saliva (r=-0,376), (p=0,017), hubungan antar kadar nikotin yang terlabel dengan laju aliran saliva (r=-0,107),(p=,512), dan hubungan antar kadar nikotin yang terlabel dengan pH saliva (r=-0,216),(p=0,181). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan dan kuat antara derajat merokok dengan laju aliran saliva dan pH saliva namun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kadar nikotin yang terlabel dengan laju aliran saliva dan pH saliva. Kata Kunci: Derajat merokok, kadar nikotin, laju aliran saliva, pH saliva

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAJU ALIRAN SALIVA DAN PH SALIVA SETELAH BERKUMUR MONOSODIUM GLUTAMAT PADA MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Firman Tirma, 2014)

HUBUNGAN LAJU ALIRAN SALIVA TANPA STIMULASI BERDASARKAN POSISI RUKUK DAN SUJUD PADA MAHASISWA DENGAN INDEKS SKOR STRES AKADEMIK RENDAH (Tari Marliska, 2017)

HUBUNGAN LAJU ALIRAN SALIVA DENGAN INDEKS KARIES GIGI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2011-2013 (EKASUSANTI, 2014)

HUBUNGAN KADAR GULA DARAH SEWAKTU DAN HBA1C DENGAN DERAJAT PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI RSUDZA BANDA ACEH (M. HIKMAWAN PRIYANTO, 2017)

GAMBARAN PH SALIVA DARI PEROKOK AKTIF DAN PASIF PADA MASYARAKAT DESA LAMREH KECAMATAN MESJID RAYA ACEH BESAR (Ridha Rosmarna Dewi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy