//

GAMBARAN HASIL TES IVA (INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT) PADA WANITA YANG MENGALAMI KEPUTIHAN YANG MEMERIKSAKAN DIRI PADA POLIKLINIK KEBIDANAN DAN KANDUNGAN DI RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2011

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dessy Rizqie Soufyan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kanker serviks (kanker leher rahim) merupakan masalah kesehatan yang penting bagi wanita seluruh Indonesia, kebijakan untuk menemukan secara dini lesi prakanker akan memberikan dampak yang cukup besar dalam menurunkan insidensi, morbiditas, dan mortalitas penyakit kanker leher rahim. IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) adalah pemeriksaan serviks secara langsung tanpa menggunakan alat pembesaran (mata telanjang) setelah pengusapan serviks dengan asam asetat 3-5%. IVA sangat mudah, murah, nyaman dan praktis, dapat dilakukan oleh dokter dan bidan. Beberapa penelitian telah membahas mengenai pemeriksaan IVA dengan insidensi suatu penyakit termasuk keputihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil pemeriksaan IVA pada pasien yang mengalami keputihan di Banda Aceh dengan representative RSUD dr. Zainoel Abidin tepatnya di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan desain cross sectional survey. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling, dimana penelitian ini dilakukan selama 4 minggu. Dari hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa keluhan keputihan 55,5% adalah tes IVA positif dan 44,5% adalah IVA negatif. Rentan usia yang mengalami keputihan adalah 20 – 35 tahun dengan jumlah 28 responden (62,2%) dari 45 sampel dan disusul urutan kedua usia diatas 35 tahun. Kata kunci: IVA (Inspeksi Visual asam Asetat), Keputihan, Prevalensi, Frekuensi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (anggia geubrina, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN CAKUPAN KUNJUNGAN PEMERIKSAAN KEHAMILAN IBU HAMIL RNDI POLIKLINIK KEBIDANAN DAN PENYAKIT RNKANDUNGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH RNTAHUN 2012 (ITA RISKA, 2015)

HUBUNGAN MENOPAUSE TERHADAP INSOMNIA PADA PASIEN WANITA YANG BEROBAT JALAN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizqan Akbar Pratama, 2016)

HUBUNGAN OVERWEIGHT DENGAN OSTEARTRITIS DIPOLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUDZA BANDA ACEH (Topan Ardian, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN GASTRITIS DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FAIRUZ ROJI AKBAR HSB, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy