//

PERSON ORGANIZATION FIT DAN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN BANK X DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Priska Tiara S - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Komitmen organisasi memiliki peran penting dalam perkembangan dunia bisnis dan kehidupan organisasi. Komitmen mempunyai dampak yang kuat terhadap kinerja dan keinginan individu untuk tetap mempertahankan keanggotaannya. Hilangnya komitmen berarti karyawan kehilangan dukungan dan loyalitas karyawan yang akhirnya berdampak pada perilaku kerja yang negatif, sehingga akhirnya mempengaruhi kesuksesan organisasi. Salah satu faktor yang memengaruhi komitmen organisasi adalah person organization fit. Person organization fit adalah kesesuaian antara nilai-nilai yang dianut oleh individu dengan nilai-nilai organisasi. Kesesuaian ini akan membuat pekerja merasa bahwa kebutuhan pribadinya dapat dicapai melalui keanggotaannya di dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara person organization fit dengan komitmen organisasi pada karyawan Bank X di Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah 92 karyawan Bank X yang dipilih dengan menggunakan metode penelitian Purposive Sampling. Person organization fit diukur melalui skala yang dibuat sendiri oleh peneliti dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Kristof, sedangkan komitmen organisasi menggunakan skala adaptasi yang dikembangkan oleh Allen & Meyer. Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara person organization fit dengan komitmen organisasi, p = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05) dengan koefisien korelasi sebesar rhitung = 0,518 yang artinya jika semakin tinggi person organization fit pada karyawan Bank X maka semakin tinggi pula tingkat komitmen organisasi. Hal ini menggambarkan bila seseorang memiliki nilai yang sama dengan organisasinya maka seseorang akan mengembangkan persepsi yang positif dan perasaan yang nyaman sehingga keinginan untuk tetap bertahan pada organisasi akan terjaga serta timbul keinginan untuk berusaha memajukan organisasi. Kata Kunci: Person-Organization Fit, Komitmen Organisasi, Bank X Banda Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH ETIKA PERUSAHAAN TERHADAP PERILAKU KEWARGAAN ORGANISASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI KOLEKTIF SEBAGAI PEMEDIASI PADA PT BANK ACEH SYARIAH TAPAK TUAN (T FADHILATUL AMRI, 2017)

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN PT. BANK MUAMALAT CABANG BANDA ACEH (Teuku Muhammad Syauqi, 2017)

PENGARUH PERSON ORGANIZATION FIT DAN PERSON JOB FIT TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PERBANKAN RNKOTA BANDA ACEH; IKLIM PSIKOLOGIS SEBAGAI PEMEDIASI (Putri Utami, 2014)

PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (PADA KARYAWAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. CABANG BANDA ACEH) (Nofrizal Asman, 2017)

PERAN MEDIASI KEPUASAN KERJA PADA HUBUNGAN KOMITMEN ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATION CITIZEN BEHAVIOR (STUDI KASUS PADA KANTOR DISTRIK NAVIGASI KELAS II SABANG) (YUDHA AULIA RANGKUTY, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy