//

IDENTIFIKASI DAN DISTRIBUSI KARBOHIDRAT PADA OVARIUM SAPI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juliadi Ramadhan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis dan sebaran karbohidrat pada ovarium sapi aceh. Penelitian ini menggunakan enam ovarium kanan yang berasal dari enam ekor sapi aceh betina dewasa yang disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Banda Aceh. Ovarium diproses hingga menjadi sediaan histologis. Selanjutnya jaringan diwarnai dengan hemaktosilin-eosin (HE) untuk melihat struktur ovarium guna penentuan siklus estrus yang sedang dialami. Kemudian jaringan diwarnai dengan pewarna Alcian Blue (AB) dan Periodic Acid Schiff (PAS) untuk mengetahui jenis dan sebaran karbohidrat. Objek yang diamati terdiri atas oosit, sel-sel granulosa, cairan folikel, dan korpus luteum. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ovarium yang berada pada fase folikular ditemukan jenis karbohidrat asam yang terdapat pada cairan folikel dengan intensitas sedang (++), sedangkan karbohidrat netral tidak ditemukan (-). Pada ovarium yang berada pada fase luteal ditemukan jenis karbohidrat asam pada korpus luteum dengan intensitas sedang (++), sedangkan karbohidrat netral tidak ditemukan (-). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ovarium sapi aceh pada fase folikular dan luteal memiliki kandungan karbohidrat asam pada cairan folikel dan korpus luteum, namun, pada kedua fase tersebut tidak ditemukan adanya kandungan karbohidrat netral

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KONSENTRASI HORMON IGF-1 CAIRAN FOLIKEL OVARIUM SAPI ACEH DARI LIMAH RUMAH POTONG HEWAN (RPH) BANDA ACEH (Nabilah Putroe Agung, 2018)

IDENTIFIKASI DAN DISTRIBUSI KARBOHIDRAT PADA KELENJAR ASESORIS KELAMIN SAPI ACEH JANTAN (HERLINA YULIANI, 2016)

ANALISIS KONSENTRASI FOLLICLE STIMULATING HORMONE (FSH) PADA CAIRAN FOLIKEL OVARIUM SAPI ACEH (Recyan Diah Zaura, 2018)

KOLEKSI DAN ANALISIS HORMON ESTRADIOL PADA CAIRAN FOLIKEL SAPI ACEH (Rumi Sahara Zamzami, 2016)

MORFOLOGI DAN MORFOMETRI ORGAN REPRODUKSI BETINA SAPI ACEH YANG MENGALAMI REPEAT BREEDING (AQMARINA MAZAYA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy