//

PERBANDINGAN REAKSI EMOSIONAL PASIEN ULKUS DIABETIK BERDASARKAN LAMANYA INFEKSI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang sumiati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ulkus diabetik merupakan ulkus yang terjadi karena peningkatan kadar gula darah dengan deskripsi berupa aroma yang khas sehingga menimbulkan reaksi emosional. Reaksi emosional tersebut dapat berupa kecemasan, kemarahan, berduka dan kehilangan harapan. Ulkus diabetik mengakibatkan individu mengalami berbagai keterbatasan yang berdampak pada kualitas hidup pasien. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan reaksi emosional pasien ulkus diabetik berdasarkan lamanya infeksi di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah comparative study melalui pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah pasien ulkus diabetik yang berkunjung ke Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel adalah consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 responden yang terdiri dari dua kelompok berdasarkan lamanya infeksi, yaitu < 6 bulan dan ≥ 6 bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terpimpin dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Likert yang terdiri dari 21 pernyataan. Metode analisis data menggunakan uji Mann Whitney U test. Hasil penelitian menunjukkan p-value = 0,006 (α = 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan reaksi emosional pasien ulkus diabetik berdasarkan lamanya infeksi. Disarankan bagi perawat di Poliklinik Endokrin untuk dapat memberikan dukungan emosional berupa caring dan support mental untuk mengurangi reaksi emosional berupa kecemasan, kemarahan, berduka dan kehilangan harapan yang dialami oleh pasien ulkus diabetik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERASAAN KETIDAKBERDAYAAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Febriyani, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PERAWATANRNKAKI PADA PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIKRNENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAHRNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2014 (Darmanila, 2014)

HUBUNGAN SPIRITUALITAS DENGAN HARGA DIRI PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (cut nurul linda, 2014)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERAWATAN KAKIRNPADA PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK RNENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SRI MAWAR, 2015)

HUBUNGAN PEMBERIAN INFORMASI KESEHATAN DENGAN ADAPTASI PSIKOSOSIAL PADA PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Najhin Nura, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy