//

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SHYNESS PADA REMAJA AWAL DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Qurrata Akyun - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Gerbang perkembangan sosial dimulai pada masa ramaja awal, di mana remaja cenderung melakukan aksi sosial secara lebih luas. Dalam proses aktivitas ini remaja umumnya mengalami berbagai permasalahan. Remaja yang tidak mampu beradaptasi dengan baik akan mengalami kesulitan untuk melakukan penyesuaian dengan lingkungan sosial, dan akan memilih untuk menghindar dari situasi ini terutama ramaja pemalu (shyness). Salah satu faktor pembentuk remaja pemalu adalah pola asuh orang tua. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan shyness pada remaja awal di Kota Banda Aceh. Penelitian ini melibatkan 348 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang memiliki dan tinggal bersama orang tua. Penelitian menggunakan skala Parental Authority Questionaire (PAQ) untuk melihat pola asuh ayah dan ibu yang terdiri dari pola asuh demokratis (democratic), otoriter (authoritarian) dan permisif (permissive). Sedangkan untuk mengukur shyness digunakan skala Revised Cheek and Buss Shyness Scale (RCBS). Analisis data menggunakan Product-Moment Correlation. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi pola asuh ayah demokratis r=-0,375, otoriter ayah r=-0,399 dan permisif ayah r=-0,319. Selain itu, hasil nilai koefisien korelasi pola asuh ibu demokratis r=-0,277, otoriter ibu r=-0,322 dan permisif ibu r=-0,246. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh demokratis(democratic), otoriter (authoritarian) dan permisif (permissive). Secara umum, dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua berkontribusi terhadap perilaku shyness pada remaja awal. Kata kunci : pola asuh orang tua, shyness, pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, pola asuh permisif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN SIBLING RELATIONSHIP PADA REMAJA AWAL DI KOTA BANDA ACEH (Mauliza Novradilla, 2016)

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KONFORMITAS REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (NANDA SAHARA, 2014)

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PADA REMAJA AKHIR DI KOTA BANDA ACEH (Andara Gemasih, 2017)

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI REMAJA DI SMAN 11 BANDA ACEH TAHUN 2012 (MINI HARIANTI, 2014)

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEBIASAAN RNMEROKOK PADA REMAJA DI DESA TIBANG RNBANDA ACEH (HALIMATUS SAKDIAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy