//

PROPORSI MUAL DAN MUNTAH AKUT DAN TERTUNDA YANG DIINDUKSI KEMOTERAPI DENGAN REJIMEN TAXOTERE ADRIAMYCIN CYCLOPHOSPHAMIDE(TAC) PADA PENDERITA KANKER PAYUDARA DI RUANG MAMPLAM III BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang VIVI ROSANDI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kanker payudara merupakan suatu keganasan dengan adanya penyebaran sel epitel yang membatasi duktus atau lobus payudara. Salah satu terapi kanker payudara dengan kemoterapi yang berguna untuk membunuh sel-sel kanker. Pasien yang menjalani kemoterapi cenderung mengalami mual dan muntah terutama pada rejimen yang berpotensi emetogenik/ mual dan muntah tinggi seperti Taxotere Adriamycin Cyclophosphamide(TAC) sehingga berpengaruh pada hemodinamik menyebabkan komplikasi medik yang berefek terhadap kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar proporsi mual dan muntah akut dan tertunda yang diinduksi kemoterapi dengan rejimen TAC pada penderita kanker payudara di ruang Mamplam III BLUDRSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional bersifat deskriptif dengan desain cross sectional surveydan pengambilan sampel dilakukan secara accidental samplingmelibatkan 23 pasien. Hasil penelitian terhadap 23 pasien menunjukkan 73,9% mual akut, 52,2% muntah akut, 95,7% mual tertunda, dan 56,5% muntah tertunda. Berdasarkan karakteristik demografi, usia yang paling banyak mengalami mual dan muntah akut maupun tertunda adalah kelompok usia 41-60, pasien dengan kanker stadium IIIB lebih dominan mengalami mual dan muntah akut dan tertunda, dan penggunaan antimetik dengan premedikasi kombinasi ondansetron dan dexametason dan posmedikasi dexametason tunggal mempunyai angka pencegahan mualdan muntah yang sedikit tinggi dari antiemetik dengan premedikasi kombinasi ondansetron dan dexametason dan posmedikasi kombinasi Ondansetron. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hampir semua penderita kankerpayudara yang menjalani kemoterapi dengan rejimen TAC mengalami mual dan muntah akut maupun tertunda. Kata kunci: Kanker payudara, Kemoterapi TAC, Mual dan muntah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROPORSI MUAL DAN MUNTAH AKUT DAN TERTUNDA YANG DIINDUKSI KEMOTERAPI DENGAN REJIMEN TAXOTERE ADRIAMYCIN CYCLOPHOSPHAMIDE(TAC) PADA PENDERITA KANKER PAYUDARA DI RUANG MAMPLAM III BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (VIVI ROSANDI, 2016)

KUALITAS HIDUP PENDERITA RNKANKER PAYUDARA RNYANG MENJALANI KEMOTERAPI RNDI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH SEPTEMBER S.D OKTOBER 2011 (desti purnamasari, 2014)

GAMBARAN DERAJAT NYERI BERDASARKAN NUMERICAL RATING SCALE (NRS) PADA PASIEN KANKER PAYUDARA (Ade Putri Rinanda Ayoumi, 2014)

KAJIAN JUMLAH TROMBOSIT SEBELUM DAN SESUDAH KEMOTERAPI SIKLUS I PASIEN KANKER PAYUDARA DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (JAVIER ARRAZI, 2017)

MOTIVASI PASIEN KANKER PAYUDARA DALAM MELAKUKAN KEMOTERAPI DI RUANG MAMPLAM III BLUD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Yulinar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy