//

KAJIAN PREFERENSI MIE BASAH DENGAN SUBSTITUSI PATI DARI UBI DAN SAGU YANG DIMODIFIKASI DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muzammil Sidqi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kajian survey tentang penerimaan mie substitusi belum banyak dilakukan terutama di kwasan kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan masyarakat terhadap mie basah substitusi dengan pati dari ubi kayu, ubi jalar dan sagu yang dimodifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik purposive sampling. Survey ini meliputi penerimaan panelis terhadap mie basah substitusi dan penilaian atribut mutu dari mie seperti warna, aroma, rasa dan tekstur. Tingkat penerimaan mie basah substitusi dibagi dalam tiga kategori yaitu, rendah Tingkat penerimaan mie basah dibagi dalam tiga kategori yaitu, rendah (4 – 6,67), sedang (6,68 – 9,35) dan tinggi (9,36 - 12). Nilai skoring rata-rata mie ubi kayu adalah 9,42 yang menunjukkan bahwa mie ubi kayu masuk ke dalam kategori penerimaan tinggi. Nilai skoring rata-rata mie ubi jalar adalah 6,17 dan diikuti dengan Nilai skoring rata-rata mie sagu 6,39 yang mana kedua mie tersebut masuk ke dalam kategori penerimaan rendah. Penerimaan panelis terhadap mie dengan substitusi tepung ubi kayu modifikasi masuk ke dalam kategori tinggi dikarenakan panelis menyukai mie ini dari segi atribut organoleptik warna dan aroma mie yang putih bersih dan tidak tercium aroma asam. Mie dengan substitusi tepung ubi jalar dan pati sagu modifikasi memiliki tingkat penerimaan yang rendah dikarenakan panelis tidak menyukai mie dari segi atribut organoleptik rasa, warna dan aroma mie dikarenakan rasa dan aroma yang asam dan warna yang gelap. Mayoritas panelis menilai mie dengan substitusi tepung ubi kayu sudah dapat menggantikan mie yang dijual pada umumnya dikarenakan mie dengan substitusi tepung ubi kayu memiliki karakteristik yang hampir mendekati mie terigu yang ada di pasaran. Kata kunci: mie, substitusi, survey, penerimaan, kategori

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PREFERENSI MIE BASAH DENGAN SUBSTITUSI PATI DARI UBI DAN SAGU YANG DIMODIFIKASI DI KOTA BANDA ACEH (Muzammil Sidqi, 2016)

PENGARUH PERSENTESE GEL DAN LAMA WAKTU PEREBUSAN PADA PEMBUATAN MIE SAGU (REZA FAHLEVI, 2014)

SUBSTITUSI TEPUNG KANJI (MANIHOT ESCULENTA) DENGAN TEPUNG SAGU (DEUDAK SAGEE/METROXYLON SP) PADA PEMBUATAN KUE LAPIS (nurul husna, 2014)

STUDI PENAMBAHAN BAYAM HIJAU, PANDAN DAN WORTEL SEBAGAI PEWARNA ALAMI DALAM PEMBUATAN MIE SAGU BASAH (Muhammad Rizal Fahmi, 2016)

ASETILASI PATI JANENG (DIOSCOREA HISPIDA DENNTS) DAN APLIKASINYA SEBAGAI BIOPLASTIK (YUMI SARI MALTA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy