//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARANPROGRAM LINIER DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirna Riazil Jannah - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
EDUCATIONAL MEDIA
TEACHING MATERIALS

Abstrak/Catatan

Mirna Riazil Jannah. 2016.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Program Linier dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based LearningBerbantuan Software Autograph. Kemampuan pemecahan masalah dan mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran merupakan amanat dari Kurikulum 2013. Melatih dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta diidk dapat menggunakan model Problem Based Learning(PBL) yang mengintegrasikan TIK dalam menyelesaikan masalah. Untuk mencapai maksud tersebut diperlukan perangkat pembelajaran menggunakan model berbantuan software. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Program Linier dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learningberbantuan Software Autograph. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri atas empat tahap. Tahap pertama yaitu pengkajian awal, kegiatan yang dilakukan adalah mengumpulkan informasi dan kemudian dianalisis sebagai bahan pertimbangan dalam mengembangan perangkat pembelajaran. Tahap kedua yaitu perancangan, kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan cheklistuntuk melihat kesesuaian produk dengan hasil analisis kebutuhan bertujuan untuk memperoleh gambaran atau ide tentang perangkat yang dihasilkan, pada tahap ini diperoleh prototipe I. Tahap ketigayaitu realisasi/rekonstruksi, kegiatan yang dilakukan adalah proses validasi dari validator bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang valid. Tahap keempat yaitu tes, evaluasi dan revisi, kegiatan yang dilakukan adalah ujicoba lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran yang praktis. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, materi ajar berbantuan Software Autograph, dan tes hasil belajar (THB). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan valid dan praktis. Kata kunci: Program Linier, Problem Based Learning (PBL), Software Autograph,

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GRAFIK FUNGSI MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH DI SMA (MUHAMMAD RIDHA, 2018)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FUNGSI KUADRAT MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DENGAN GAME ANGRY BIRDS (Iwannitona, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBATUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Tuti Asmiati, 2018)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGAPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA (Ticaya, 2019)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN CABRI 3D (Nurul Asma, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy