//

ANALISA KECEPATAN ANGIN MENGGUNAKAN DISTRIBUSI WEIBULL DI DAERAH BLANG BINTANG ACEH BESAR UNTUK MELIHAT POTENSI PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU (PLTB)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairiaton - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan analisis kecepatan angin di Blang Bintang kabupaten aceh Besar untuk melihat potensi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Analisis ini dilakukan dengan cara menganalisa kecepatan angin berdasarkan data dari pengukuran Anemometer stasiun BMKG Blang Bintang dengan menggunakan distrribusi Weibull untuk tahun 2012-2015. Dalam menganalisa kecepatan angin, distribusi Weibull lebih akurat dibandingkan distribusi lain, karena distribusi Weibull memiliki dua parameter yaitu parameter bentuk dan parameter skala. Hasil analisis menunjukan parameter bentuk k diperoleh kecepatan angin bernilai kecil dan parameter skala c kecepatan angin yang cenderung stabil. Dari nilai k dan c yang disubtitusikan kepersamaan distribusi Weibull diperoleh kecepatan angin pada tahun 2012 yaitu sebesar 1 m/s dengan probabilitas 15%, tahun 2013 hampir sama dengan 2014 sebesar 0.5 m/s dengan probabilitas sebanyak 21% dan 19%, sedangkan untuk tahun 2015 sebesar 1 m/s sebanyak 17%. Berdasarkan nilai kecepatan angin dilakukan simulasi dan diperoleh energi total sebesar 167.4 kWh perturbin untuk jari-jari blade yang berukuran 2 m selama periode waktu satu tahun, Sehingga kurang layak dilakukan pembagunan PLTB. Kata kunci : fungsi distribusi Weibull, kecepatan angin, energi angin, energi terbarukan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS POTENSI ENERGI ANGIN SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HIBRIDA DI ACEH BESAR (Irfan Alfayz, 2017)

STUDI POTENSI PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID (SURYA-BAYU) DI BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN (T. Syaufi Hayu, 2018)

PERANCANGAN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN PADA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) (Diana, 2016)

RANCANG BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN SISTEM TERAPUNG DI LEPAS PANTAI ALUE NAGA (Muhammad Hafiz, 2013)

DESAIN RANGKAIAN KENDALI PENGISIAN DAN PEMAKAIAN ENERGI BATERAI PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU (PLTB) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA32 (Saniman R, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy