//

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI KACANG TANAH DENGAN SISTEM PEMUPUKAN RHIZOBIUM DAN PEMUPUKAN KAPUR DOLOMIT (STUDI KASUS: KELOMPOK WANITA TANI DI DESA NAGA UMBANG) KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang REZA MUNZIR - Personal Name

Abstrak/Catatan

Berbagai upaya strategis diperlukan untuk meningkatkan produksi bahan pangan untuk mengurangi ancaman kerawanan pangan di berbagai daerah bisa dicegah. Melalui program BPTP, para petani diajak memanfaatkan lahan dengan menanam kacang tanah yang mengingat produksinya masih rendah sebelum tsunami sekitar 1 – 1,2 ton/Ha. Upaya peningkatan produksi menggunakan beberapa varietas kacang tanah dan pemupukan dengan rhizobium dan kapur dolomit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pendapatan dan kelayakan usahatani kacang tanah dengan sistem pemupukan rhizobium dan kapur dolomit pada kelompok wanita tani di Desa Naga Umbang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pendapatan dan analisis kelayakan usahatani. Berdasarkan hasil analisis bahwa tingkat pendapatan dengan sistem pemupukan rhizobium lebih tinggi dibandingkan dengan pemupukan kapur dolomit. Tingkat kelayakan usahatani kacang tanah dengan sistem pemupukan rhizobium dan kapur dolomit adalah layak dan menguntungkan walaupun hanya dibedakan tingkat harga pupuk. Kata kunci: Analisis Pendapatan, Kelayakan Usahatani Kacang Tanah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEUNTUNGAN USAHATANI BUAH NAGA (HYLOCEREUS COSTARICANSIS) PADA CV. KERAMBA KRUENG RNACEH DIDESA COT CUT KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (YUSRIZAL S, 2014)

KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN TANI PADA USAHATANI PADI SAWAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA LHOK KEUTAPANG KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE (Ramadhan, 2014)

EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (AFRINAWATI, 2016)

ANALISIS PRODUKSI DAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH YANG MENGGUNAKAN PUPUK HAYATI CAIR DI DESA BLANG CUT KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (syukran, 2017)

ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN WANITA TANI PADA USAHATANI SAYURAN SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM KELOMPOK WANITA TANI (KWT) DI KABUPATEN BIREUEN (khairunnisak, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy