//

ANALISIS PERILAKU NILAI CBR TANAH LEMPUNG EKSPANSIF UNTUK SUBGRADE JALAN RAYA(STUDI KASUS STABILISASI TANAH LEMPUNG GLEE GEUNTENGDENGAN KAPUR CA(OH)₂)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syawal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Konstruksi jalan yang memakai tanah lempung ekspansif sebagai tanah dasar ternyata mengalami banyak kerusakan. Tanah lempung ekspansif yang berasal dari Glee Geunteng Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar merupakan salah satu material timbunan yang digunakan sebagai subgrade jalan sekitar Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran kapur padam Ca(OH)2 sebagai bahan stabilisasi tanah lempung ekspansif terhadap perbaikan sifat-sifat fisis dan mekanis untuk meningkatkan nilai CBR. Metode yang digunakan adalah uji coba di laboratorium menurut beberapa standar ASTM. Hasil penelitian tanah asli diketahui nilai CBR tanpa rendaman sebesar 4,93% dan nilai CBR rendaman sebesar 3,09% dengan nilai pengembangan sebesar 5,01%. Hasil pengujian setelah dilakukan stabilisasi dengan campuran kapur 3%, 6%, 9% dan 12%, nilai CBR tanpa rendaman terjadi peningkatan masing-masing 9,59%, 14,85%, 17,48%, 18,45%, dan untuk nilai CBR terendam juga terjadi peningkatan masing-masing 5,11%, 7,52%, 8,97% dan 10,43%. Sedangkan nilai pengembangan tereduksi masing-masing menjadi 3,05%, 2,21%, 1,49% dan 0,87%. Kata kunci : Tanah Ekspansif, Indeks Plastisitas, Stabilisasi, Pemadatan, CBR.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STABILISASI KAPUR CA(OH)2 PADA TANAH LEMPUNG EKSPANSIF TERHADAP NILAI FREE SWELLING DAN SWELLING PRESSURE SUBGRADE JALAN RAYA DENGAN MODEL PENYERAPAN AIR SECARA VERTIKAL (Nazirruddin, 2017)

PENGARUH KATIONISASI UNTUK MEREDUKSI INDEKS PLASTISITAS TANAH DALAM UPAYA PENINGKATAN KUAT GESER TANAH LEMPUNG EKSPANSIF (TEUKU JULLIS SYAMDIOFA, 2018)

KAJIAN PENGARUH PENAMBAHAN KAPUR TERHADAP KUAT GESER TANAH LEMPUNG EKSPANSIF DENGAN MENGGUNAKAN ALAT UJI DIRECT SHEAR (STUDI KASUS QUARRY DESA MEUNASAH RAYEUK KABUPATEN ACEH BARAT) (Suci Rahmaneta, 2018)

ANALISIS NILAI CBR UNSOAKED TERHADAP TANAH LEMPUNG DESA COT SEUNONG YANG DISTABILISASI DENGAN ZEOLIT PADA KEPADATAN SISI BASAH (Nasrullah, 2014)

ANALISIS MATERIAL TANAH TIMBUN DARI DESA GLEE GURAH KECAMATAN PEKAN BADA DENGAN MENGGUNAKAN ANGKA KESESUAIAN(SUITABILITY NUMBER) (Nurul Sabrina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy