//

EFEK TOKSIK PEMBERIAN EKSTRAK BATANG SIPATAH-PATAH (CISSUS QUADRANGULA SALISB.) TERHADAP GAMBARAN HISTOLOGIS HATI DAN GINJAL MENCIT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Saslina Fitri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tanaman sipatah-patah (Cissus quadrangula Salisb.) telah lama digunakan oleh masyarakat Aceh sebagai obat patah tulang dan telah diuji berpotensi dalam proliferasi tulang secara in vivo dan in vitro. Penelitian ini bertujuan mengamati efek toksisitas ekstrak etanol batang sipatah-patah (Cissus quadrangula Salisb.) terhadap gambaran histologis hati dan ginjal mencit. Penelitian dilakukan secara eksperimental menggunakan 20 ekor mencit jantan yang berumur 2 bulan dengan rata-rata berat badan 27.8 g ± 2.042 g. Metode penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas empat perlakuan dan diulang lima kali. Perlakuan terdiri atas pemberian ekstrak etanol batang sipatah-patah dengan dosis 0 mg/kg bb (kontrol), 105 mg/kg bb, 210 mg/kg bb, dan 315 mg/kg bb yang diberikan secara oral satu kali sehari selama 14 hari. Data penelitian dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol batang sipatah-patah berpengaruh nyata terhadap degenerasi dan nekrosis pada sel hati, demikian pula berpengaruh nyata terhadap degenerasi dan nekrosis pada sel tubulus ginjal. Semakin meningkat dosis ekstrak etanol batang sipatah-patah yang diberikan maka semakin meningkat jumlah sel hati dan sel tubulus ginjal yang mengalami degenerasi dan nekrosis. Kata kunci: Cissus quadrangula Salisb., toksisitas, hati, ginjal, degenerasi dan nekrosis

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK ETANOL BATANG SIPATAH-PATAH (CISSUS QUADRANGULA SALISB.) TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA MENCIT (MUS MUSCULUS) (Gita Pratiwi, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK SIPATAH-PATAH (CISSUS QUADRANGULARIS SALISB) TERHADAP KEPADATAN TULANG MANDIBULA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) OVARIEKTOMI (INDAH MAGHFIRAH, 2016)

UJI TOKSISITAS AKUT KONSENTRASI EKSTRAK AIR DAUN SERNAI (WEDELIA BIFLORA) YANG DIBERIKAN PER ORAL PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) (Rizki Efriyendri, 2017)

EFEK PEMBERIAN EKSTRAK SIPATAH-PATAH (CISSUS QUADRANGULARIS SALISB) PADA DENSITAS TULANG FEMUR TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS)MODEL OVARIEKTOMI (Debby Novita Ayumi, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KULIT BATANG JALOH TERHADAP GAMBARAN MIKROSKOPIS GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS) YANG DIINFEKSI TRYPANOSOMA EVANSI (nurdiniyah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy