//

ANALISIS RISIKO PENAWARAN UNDERESTIMATE COST TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hamdani - Personal Name
SubjectCONSTRUCTION
PROJECT MANAGEMENT
ROADS - ENGINERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Kemungkinan terjadinya kesalahan-kesalahan dalam proses penetapan harga penawaran sangatlah besar, sehingga mengakibatkan kemungkinan biaya proyek terlalu rendah (underestimate cost) yang berdampak dapat mengurangi profit apabila dilaksanakan. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menilai praktik banting harga dalam tender pengadaan barang dan jasa pemerintah masih tinggi dan berpotensi menurunkan kualitas proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling dominan terjadinya risiko penawaran underestimate cost, menganalisis hubungan antara faktor-faktor risiko penawaran underestimate cost terhadap kualitas proyek konstruksi jalan di Provinsi Aceh, dan menganalisis faktor-faktor risiko penawaran underestimate cost yang paling berpeluang mempengaruhi kualitas proyek konstruksi jalan di Provinsi Aceh. Proyek konstruksi jalan yang diamati adalah yang telah selesai dilaksanakan di Provinsi Aceh mulai dari tahun 2013-2015. Penelitian ini menggunakan wawancara yang ditujukan pada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), serta kuesioner yang ditujukan kepada kontraktor bidang jalan, dengan kualifikasi K1, K2, K3, M1, M2 dan B1. Berdasarkan data dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Aceh Tahun 2016, jumlah populasi diperoleh sebanyak 2.717 kontraktor. Melalui persamaan Slovin maka sampel penelitian diperoleh sebanyak 97 kontraktor. Faktor dominan terjadinya risiko penawaran underestimate cost pada proyek konstruksi jalan di Provinsi Aceh adalah faktor biaya contingency, dengan nilai mean sebesar 4,374. Hubungan antara faktor-faktor risiko penawaran underestimate cost terhadap kualitas proyek konstruksi jalan di Provinsi Aceh adalah semuanya mempunyai hubungan yang sangat rendah secara parsial dengan nilai koefisien korelasi Pearson < 0,200. Faktor risiko penawaran underestimate cost yang paling berpeluang mempengaruhi kualitas proyek konstruksi jalan di Provinsi Aceh berada pada faktor peninjauan lokasi, dengan nilai koefisien regresi sebesar 3,327. Hal ini menunjukkan bahwa apabila faktor peninjauan lokasi ditingkatkan, maka tenaga kerja yang baik dari segi kualitas dan produktivitas pada kualitas proyek konstruksi jalan di Provinsi Aceh akan semakin meningkat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN HUBUNGAN RASIO HARGA PENAWARAN DAN HARGA PERKIRAAN SENDIRI (HPS) TERHADAP KINERJA WAKTU PENYELESAIAN PROYEK KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN PADA KABUPATEN ACEH BESAR (Alvisyahri, 2016)

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN KONSEP GREEN ROADS TERHADAP MANAJEMEN LIMBAH PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (FAJRI PUTRA UTAMA, 2018)

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RISIKO WAKTU TERHADAP BIAYA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD TAUFIK, 2018)

IDENTIFIKASI RISIKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BANDA ACEH MADANI EDUCATION CENTER (Arif Fadhillah, 2017)

PENGARUH KUALIFIKASI KONTRAKTOR TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BANDA ACEH (ZUHRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy