//

PENGARUH PERENDAMAN CETAKAN ALGINAT DALAM LARUTAN DESINFEKTAN SODIUM HIPOKLORIT 0,5% DAN DETTOL 5% TERHADAP PERUBAHAN DIMENSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAMADHANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Risiko infeksi silang antara pasien, dokter gigi dan teknisi dapat terjadi saat proses pencetakan gigi disebabkan saliva dan darah yang menempel pada cetakan, pengurangan risiko tersebut dapat dilakukan dengan proses desinfeksi cetakan gigi. Alginat mempunyai sifat imbibisi sehingga desinfeksi dengan teknik perendamanmemungkinkan terjadinya ekspansi alginat yang berpengaruh terhadap stabilitas dimensi cetakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perubahan dimensi hasil cetakan alginat setelah dilakukan perendaman dalam larutan desinfektan sodium hipoklorit 0,5% dan Dettol 5%. Spesimen berjumlah 32 cetakan dan dibagi ke dalam dua kelompok perendaman yaitu perendaman dalam sodium hipoklorit 0,5% dan Dettol 5% selama waktu sepuluh menit. Spesimen merupakan hasil cetakan pada model master rahang atas yang telah diberikan sekrup sebagai titik pengukuran. Model master dan model gips hasil pengecoran cetakan diukur menggunakan kaliper digital dengan ketelitian 0,01 mm. Hasil uji paired t-test menunjukkan pengaruh perendaman cetakan alginat dalam larutan desinfektan sodium hipoklorit 0,5% dan Dettol 5% terhadap perubahan dimensi tidak signifikan (p>0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh perendaman cetakan alginat dalam larutan sodium hipoklorit 0,5% dan Dettol 5% terhadap perubahan dimensi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LAMA PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM LARUTAN SODIUM HIPOKLORIT 0.5% TERHADAP PERUBAHAN DIMENSI (Prabowo Bomazdicahyo, 2015)

PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN SODIUM HIPOKLORIT SEBAGAI DESINFEKTAN TERHADAP KEKUATAN IMPAK BASIS GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK (RISKI DUMNA, 2015)

PERBEDAAN MONOMER SISA RESIN AKRILIK HEAT CURED YANG DIPOLIMERISASI DENGAN TEKANAN SETELAH PERENDAMAN DALAM LARUTAN DESINFEKTAN (Hidayati Saputri, 2016)

PENGARUH SODIUM HIPOKLORIT DAN KLORHEKSIDIN GLUKONAT 2% TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN RESIN AKRILIK HEAT CURED (m.erfin febrian, 2013)

PENGARUH DURASI PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM AIR REBUSAN DAUN SIRIH (PIPER BETLE LINN) 25%TERHADAPPERUBAHAN DIMENSI (MELY ASMITHA JZ, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy