//

RANCANGAN MESIN PENYUWIR IKAN TONGKOL TENAGA MOTOR LISTRIK UNTUK BAHAN BAKU ABON SKALA RUMAH TANGGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairul Andrian - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ikan tidak hanya dikonsumsi langsung tetapi juga dapat dibuat menjadi berbagai macam olahan seperti kerupuk dan abon. Abon banyak diminati karena memiliki rasa yang enak dan bau yang khas juga tahan untuk disimpan dalam waktu yang lama. Abon ikan merupakan jenis makanan olahan ikan yang diberi bumbu dan diolah dengan cara direbus, disuwir dan digoreng dengan menambahkan berbagai macam bumbu masakan. Produksi abon ikan masih sangat rendah disebabkan penerapan tingkat teknologi pengolahan yang belum optimal. Kemungkinan pemasaran abon ikan cukup besar dikarenakan ketersediaan ikan yang juga cukup dan waktu simpannya yang lama. Membuat suatu alat atau mesin untuk menyuwir ikan menjadi abon merupakan salah satu usaha yang sangat penting untuk dapat mempercepat proses penyuwiran sehingga dapat menghemat waktu penyuwiran dan meningkatkan produksi abon ikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang mesin penyuwir ikan tongkol untuk bahan baku abon. Penelitian ini dimulai dengan mempelajari cara penyuwiran manual dengan menggunakan tangan. Selanjutnya dilakukan pembuatan konsep perancangan dan ditentukan pemilihan bahan konstruksi. Alat dan mesin yang digunakan pada pembuatan konstruksi antara lain mesin gerinda, mesin bubut, mesin las listrik, drip, meteran, palu, tang, klem penjepit, ragum, kunci inggris, penggaris, jangka sorong, motor penggerak sebagai sumber tenaga utama pada mesin dan peralatan pendukung lainnya. Bahan yang digunakan pada penelitian ini antara lain 6 Kg ikan tongkol sebagai bahan untuk melakukan pengujian dan bahan pembuat konstruksi yaitu plat besi, besi siku, besi stainless, baut dan mur, sabuk dan puli. Langkah berikutnya dilakukan pembuatan konstruksi mesin. Pada tahap ini dilakukan perhitungan dan pembuatan tabung, roll mata pisau, penggunaan poros dan penggunaan sistem transmisi serta komponen – komponen pendukung lainnya. Mesin penyuwir ikan hasil rancangan ini terdiri dari beberapa bagian antara lain rangka, roll gigi penyuwir, sistem transmisi dan badan mesin. Mesin penyuwir ini bekerja dengan cara roll gigi penyuwir dengan bentuk bergerigi seperti pemarut berputar yang digerakkan motor listrik sehingga terjadi penyuwiran. Hasil penyuwiran menggunakan mesin hanya membutuhkan waktu rata – rata 160 detik atau 2 menit 40 detik untuk menyuwir ikan sebanyak 500 g dengan kapasitas penyuwiran mesin 3,135 g/detik atau 11,286 Kg/Jam dibandingkan dengan penyuwiran manual yang membutuhkan waktu rata – rata 961 detik atau 16 menit 01 detik untuk menyuwir ikan sebanyak 500 g dengan kapasitas penyuwiran manual 0,520 g/detik atau 1,873 Kg/Jam. Kehilangan hasil suwiran rata – rata secara manual lebih sedikit daripada penyuwiran menggunakan mesin yaitu hanya sebesar 0,53 % sedangkan dengan menggunakan mesin sebesar 2,47 %.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MODIFIKASI GIGI PEMARUT PADA MESIN PENYUWIR IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS ) SEBAGAI PEMBUATAN BAHAN BAKU ABON IKAN (Irwansyah, 2016)

STUDI KOMPARATIF PENDAPATAN USAHA ABON IKAN DAN USAHA IKAN KAYU CHIP DI DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (NAZILLA ULFA, 2016)

PENGARUH METODE PEMBUATAN ABON IKAN TUNA DAN IKAN TONGKOL TERHADAP KARAKTERISTIK MUTU DAN TINGKAT PENERIMAAN KONSUMEN (Huthaimah, 2017)

ANALISIS KADAR KETENGIKAN (RANCIDITY) PADA ABON IKAN TUNA (THUNNUS ALALUNGA) DENGAN PENENTUAN ANGKA ASAM THIOBARBITURAT (Indra MS Nurakmal Hadi, 2015)

CAUSE OF DAMAGE AND REPAIR OF ELECTRO MOTOR RADIATOR GE MACHINE NO.2 ON PT. PLN (PERSERO) REGION ACEH AREA MEULABOH PLTD SEUNEBOK (Karma Husni, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy